Apik Tenan! Rusdi dan Ivan Boyong Kepala Balai Turun Tangan Atasi Banjir

| Editor: Ramadhani
Apik Tenan! Rusdi dan Ivan Boyong Kepala Balai Turun Tangan Atasi Banjir
Rusdi (tengah) di lokasi Perumahan. (Den)



INFOJAMBI.COM - Dua Anggota DPRD Provinsi Jambi, Rusdi dan Ivan Wirata, kembali turun tangan ke lokasi kawasan padat penduduk yang rawan banjir. kali ini di wilayah Kota Jambi dan Muarojambi pada Kamis (13/1/2022).

Dengan memboyong Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Gatut Bayuadji, Dinas PUPR Provinsi Jambi Kabid SDA Yaser Arafat dan sejumlah pejabat terkait lainnya, termasuk Lurah Kenali Besar, Mansur.

Mereka berjalan kaki menyusuri saluran-saluran air disitu, sekaligus membawa peta lokasi titik banjir.

Dimulai dari Perumahan Kotabaru Indah Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi hingga ke Perumahan Namura Indah dan perumahan lainnya di Desa Pematang Gajah Muarojambi.

Ketua Forum RT Kecamatan Alam Barajo, Jumardin menyebutkan perumahan ini kawasan langganan banjir. Apalagi jika intensitas hujan tinggi beberapa hari belakang, air pun kerap menggenang di sana.

"Bisa setinggi orang dewasa," ujarnya.

Anggota DPRD Provinsi Jambi, Ivan Wirata mengaku agak senang karena turun ke lokasi bisa langsung menjawab mimpi masyarakat Muarojambi dan Kota Jambi, ada program bantuan dari Kementerian PUPR untuk mengatasi itu.

"Inilah kunci yang bisa menyelesaikan banjir. Paling tidak bisa mengecilkan. Kami meminta kolaborasi seluruh pihak dan masyarakat membantu proses pelaksanaanya," kata politikus Partai Golkar dapil Muarojambi- Batanghari ini.

Menurut Ivan, pentingnya kebersamaan dan kolaborasi seluruh pihak yang menjadi syarat utama, termasuk pentingnya keterlibatan masyarakat serta perumahan-perumahan baru dibangun harus memiliki kolam retensi.

Senada dikatakan Anggota DPRD Provinsi Jambi, Rusdi. Rusdi pun meminta agar kondisi ini menjadi perhatian bersama-sama. Perlu gerak cepat saling bahu-membahu mengatasi dampak yang ditimbulkan.

Ia juga memberikan apresiasi ke salah satu warga di kawasan Kotabaru Indah yang mau menyumbang lahan kepada pemerintah untuk dijadikan kolam retensi.



Politikus Partai Berkarya ini menilai apa yang dilakukan oleh warga tersebut patut dicontoh oleh warga lainnya. Membuktikan bahwa warga Kota Jambi itu memiliki semangat gotong royong dan kepedulian yang tinggi kepada warga lainnya.

Sembari menunggu proses pembangunan, Rusdi mengajak warga yang berada di kawasan tergolong rawan banjir untuk terus melakukan berbagai tindakan antisipasi.

"Dengan membersihkan saluran air dari sampah dan benda lainnya," imbau Rusdi.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Gatut Bayuadji akan melakukan sejumlah langkah-langkah untuk meminimalisir banjir sekitar 10 RT di dua daerah tersebut.

Ia menyebut, masing-masing daerah administrasi diharapkan bisa bekerja sama dari hulu hingga ke hilir. Memastikan aliran air tidak terhambat hingga sungai.

"Penanganan ini butuh koordinasi dengan pihak daerah, supaya pengerjaan kontruksi kita nantinya bisa berjalan lancar," katanya.

Dibutuhkan keterlibatan semua pemangku kepentingan terutama pemerintah daerah setempat dalam membantu pembebasan lahan. Sehingga bisa menjadi area kepentingan umum.

"Pembebasan lahan merupakan kewenangan pemda, untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita kita mengurangi banjir di Kota Jambi dan Muarojambi," ucapnya.

Editor: Ramadhani

Baca Juga: Rusdi Anggota DPRD Senggol Warga Mayang, Rajin Berjemur dan Olahraga

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya