Asian Agri Ajak Warga Aktif Periksa Kesehatan

| Editor: Doddi Irawan
Asian Agri Ajak Warga Aktif Periksa Kesehatan



INFOJAMBI.COM - Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit grup Royal Golden Eagle (RGE), menyampaikan pesan moral itu kepada masyarakat Desa Tuo Sumay dan Teriti, Kecamatan Sumay, Tebo, Jambi.

Dalam Corporate Social Responsibility (CSR), Asian Agri melalui unit bisnisnya, PT Rigunas Agri Utama (RAU) - KLO, mengajak masyarakat desa aktif melakukan pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan sangat penting, untuk mencegah terjadi penyakit yang lebih parah. Apalagi sampai tidak peduli dengan kesehatan.

“Kita harus tahu, jika sudah sakit, biayanya sangat mahal," himbau Sahala Mahulae, Menejer Plasma PT RAU-KLO, saat meninjau pemeriksaan kesehatan gratis.

Aksi kepedulian Asian Agri - PT RAU itu berlangsung Rabu 24 November 2021, di Balai Desa Tuo Sumay. Hadir Isdon Saldi, Kepala Puskesmas Teluk Singkawang, dan dr Yudy, dokter perusahaan PT RAU - KBT.

Hadir pula dr Rahayu Widya Pratiwi dari Puskesmas Teluk Singkawang, Rudy Jasthon Siahaan Koordinator CSR P3, Ahmad Bastari Humas PT RAU-KBT, Herman Wakil Kades Tuo Sumay dan para tokoh masyarakat.

Ini bentuk kepedulian PT RAU terhadap kesehatan masyarakat sekitar. PT RAU mengundang masyarakat mengikuti kegiatan ini, sekedar cek tensi darah, kolesterol, gula darah, asam urat dan konsultasi ke dokter, maupun berobat.

“Warga yang sudah memeriksa kesehatannya mendapat obat-obatan dan vitamin sesuai penyakit diderita," jelas Sahala.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini tetap harus mengikuti protokol kesehatan.

"Dokter atau paramedis dari perusahaan maupun puskesmas datang untuk memeriksa kesehatan masyarakat. Mari kita pahami kondisi kesehatan, dengan menerapkan pola hidup sehat menyeluruh," tambahnya.

Isdon Saldi, Kepala Puskesmas Teluk Singkawang, mengakui PT RAU rutin setiap tahun melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan.

"Mudah-mudah kegiatan ini berlanjut terus sehingga kesehatan warga terjaga" ujarnya.

Menurut Isdon, masyarakat harus membiasakan diri periksa kesehatan, agar bisa mengetahui anjuran yang tepat untuk menjaga pola hidup dan mencegah penyakit berisiko.

"Contoh, bapak-bapak perokok aktif atau mengonsumsi alkohol, dianjurkan menghentikannya karena berdampak kurang baik pada kesehatan. Beberapa penyakit muncul akibat kebiasaan buruk, seperti paru-paru, jantung, hepatitis hingga kanker," cetusnya.

Mewakili masyarakat, Isdon mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahan. Dia juga memohon kepada perusahaan agar membantu penyediaan APD untuk puskesmas seperti tahun lalu.

Wakil Kades Tuo Sumay, Herman, berharap dengan kegiatan ini kesehatan masyarakat meningkat, khususnya Desa Tuo Sumay dan Teriti.

Dia mengakui, PT RAU telah berulang kali memberikan bantuan CSR, di sektor infrastruktur, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan, sarana air bersih, hingga pembangunan masjid dan program Desa Bebas Api.

Rudy Jasthon Siahaan selaku Koordinator CSR P3 menjelaskan, program CSR bidang kesehatan salah satu pilar CSR Asian Agri. Ini membuktikan perusahaan sangat peduli pada kesehatan masyarakat sekitar.

Perusahaan menghadirkan dr Yudy dan tim medis dari perusahaan serta tim medis puskesmas. Juga dr Rahayu Widya Pratiwi membantu program ini.

Masyarakat dapat melakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan. Gratis. Ini langkah awal masuk lembaran pola hidup sehat. Diharapkan masyarakat desa manfaat dari pemeriksaan kesehatan ini.

Penulis : Tim Liputan | Editor : Redaksi

Baca Juga: Asian Agri Bersama Tanoto Foundation Peduli Pendidikan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya