Bikin Bingung Warga Jadi Alasan Polri Ubah Lagi Seragam Satpam

| Editor: Ramadhani
Bikin Bingung Warga Jadi Alasan Polri Ubah Lagi Seragam Satpam
Seragam Satpam mirip Polisi. (Media Indonesia)



INFOJAMBI.COM - Polri berencana mengubah kembali warna dari seragam satuan pengamanan (Satpam) menjadi warna krem.

Itu dilakukan usai seragam Satpam yang semula berwarna biru diubah menjadi cokelat muda beberapa waktu lalu.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Ia menyebutkan, kepolisian menilai bahwa seragam Satpam yang saat ini digunakan dianggap terlalu mirip dengan Korps Bhayangkara. Seragam tersebut menyebabkan kebingungan di tengah masyarakat.

"Sehingga menyebabkan kesulitan warga membedakan Polisi dan Satpam," jelasnya.

Satpam merupakan profesi yang mengemban fungsi kepolisian terbatas. Diperlukan identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri sebagai institusi yang membinanya.

Proses pengkajian itu, kata Ramadhan, masih dilakukan oleh pihaknya. Kemudian, warna seragam yang baru akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam.

"Dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," jelasnya.

Sebagai informasi, penyesuaian seragam Satpam saat ini diatur melalui Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang diundangkan pada 5 Agustus 2020.

Merujuk pada beleid Perkap 4/2020, terdapat sejumlah penyesuaian baru bagi anggota Satpam. Misalnya, kini anggota Satpam memiliki kepangkatan berjenjang yang terbagi menjadi tiga golongan. Kemudian, terdapat batas umur bagi anggota Satpam untuk pensiun.

Selain itu juga, kini seragam personel Satpam dibuat menyerupai milik Polisi, yakni didominasi dengan warna coklat dan memiliki tanda kepangkatan.

Editor: Ramadhani

Baca Juga: Evaluasi Fisik Personil, Polres Tanjabbar Rutin Gelar Kesjas

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya