Jenderal Kelahiran Jambi Ini Ternyata Anak Buah Menantu Luhut

| Editor: Ramadhani
Jenderal Kelahiran Jambi Ini Ternyata Anak Buah Menantu Luhut
Brigjen TNI Iman Budiman dan istri. (Ist)



INFOJAMBI.COM - Brigjen TNI Legowo W.R. Jatmiko menggelar Tradisi Pelepasan Pejabat Lama di Aula Sudirman Makorem, Kota Kupang, belum lama ini.

Hal ini menandai berakhirnya jabatannya sebagai Komandan Korem 161/Wira Sakti. Sebagai pengganti, ada sosok Brigjen TNI Iman Budiman.

Dia adalah perwira tinggi yang merupakan putra mantan Panglima ABRI Jenderal Purn Edi Sudradjat. Jenderal kelahiran Jambi.

Tugasnya langsung di bawah menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan. Dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dilakukan di Makodam IX/Udayana, Iman menyampaikan keyakinannya untuk melanjutkan tongkat komando.

"Hal ini mengindikasikan betapa sehatnya organisasi tugas TNI AD yang sudah dipimpin selama 8 bulan an ini dan dari situ kemudian saya merasa tidak ragu untuk memimpin guna melanjutkan kepemimpinan selanjutnya untuk tugas menjaga kedaulatan Negara Bumi NTT ini dengan baik," ujarnya, dikutip melalui laman Kodam Udayana.

Menjelang acara Sertijab, Iman beserta jajaran Kasrem 161/Wira Sakti, Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, para Dandim Jajaran beserta Ketua Persit KCK Cabang, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IX/Udayana dan Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana diberikan sambutan meriah.

Bahkan, Iman dan istri diantar masuk ke Gerbang Wirasakti dengan begitu baik oleh para prajurit.

"Saya berterimakasih kepada seluruh anggota yang sudah bergabung dengan saya selama kurang lebih 8 bulan 13 hari, terimakasih atas kerjasamanya.

Selanjutnya, apa yang sudah kita perbuat, kita kerjakan yang baik mari kita pertahankan dan kita tingkatkan dan yang belum nanti sambil berjalan akan dilanjutkan oleh Danrem yang baru," ujar Legowo setelah melaksanakan Sertijab.

Brigjen TNI Iman Budiman merupakan seorang perwira tinggi yang tak bisa dianggap remeh. Sosok pria kelahiran Jambi ini memiliki keahlian spesifik di bidang Infanteri.

Sebelum mengemban amanat sebagai Komandan Korem 161/Wira Sakti, lulusan Akademi Militer tahun 1993 ini telah lebih dulu menduduki sejumlah jabatan strategis. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut,

Danyonif Linud 328/Dirgahayu (2009—2011)
Danbrigif 15/Kujang II (2013—2014)
Asops Kasdam V/Brawijaya (2014—2017)
Pamen Denma Mabesad (2017—2018)
Danrem 044/Garuda Dempo (2018—2019)
Pamen Denma Mabesad (2019—2020)
Dirsen Pussenif Kodiklatad (2020—2021)
Komandan Korem 161/Wira Sakti (2021—-sekarang)

Buah memang jatuh tak jauh dari pohonnya. Peribahasa ini rasanya tepat menggambarkan sosok dan karier militer Brigjen TNI Iman Budiman.

Kepiawaiannya di bidang militer tak lain merupakan turunan dari sang ayah. Sosok ayahanda dari Imam ialah mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Edi Sudradjat.

Iman adalah putra dari Edi Sudradjat dan istri tercinta, Kapten Pnb (Purn.) Lulu Lugiyati. Edi Sudrajat merupakan Panglima ABRI ke-10 yang mulai menjabat pada 19 Februari 1993 hingga 21 Mei 1993.

Iman Budiman kini menduduki jabatan sebagai Komandan Korem 161/Wira Sakti. Itu berarti juga menandai posisi Iman yang kini berada di bawah garis koordinasi langsung dengan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Maruli sendiri tak lain adalah menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan. Maruli telah lebih dulu mengemban tugas sebagai Pangdam IX/Udayana sejak November 2020.

Lulusan Akmil tahun 1992 itu bertemu dengan sang istri yang juga merupakan anak dari Luhut, Paulina Pandjaitan pada momen SEA Games yang diselenggarakan pada 1995.

Kini, keduanya telah dianugerahi dua buah hati bernama Faye Simanjuntak serta Noah Simanjuntak.

Baca Juga: Koramil 415-11 Jambi Timur Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya