Wow Hebat, Arsitektur Masjid Raya Sumbar Terbaik di Dunia

| Editor: Mursyid Sonsang
Wow Hebat, Arsitektur Masjid Raya Sumbar Terbaik di Dunia

INFOJAMBI.COM - Masjid Raya Sumatera Barat dinobatkan sebagai satu dari 7 masjid dengam arsitektur terbaik di dunia. Hanya satu dari Asia Tenggara yang meraih penghargaan ini.


Pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat digagas dan diprakarsai pertama kali oleh Gubernur Sumatera Barat Dr. H. Gamawan Fauzi.


"Alhamdulillah..Sebuah legasi yang pantas dikenang dan dihargai. Terima kasih Pak Gamawan Fauzi, " Ujar Hasril Chaniago, Wartawan Senior Sumbar.


Hasril mengenang awal dibangun ada yang protes, karena tidak memakai kubah. Tapi Pak Gamawan waktu itu menjelaskan, bahwa kubah itu adalah bagian dari budaya arsitektur. Banyak gereja di Eropa kubahnya besar-besar.




Dibangun di atas lahan seluas 40 ribu meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 18 ribu meter persegi, Masjid Raya Sumatera Barat merupakan karya dari arsitek Rizal Muslimin. Ia adalah pemenang dari sayembara arsitektur yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara.





Uniknya, tak seperti masjid pada umumnya, Masjid Raya Sumatera Barat justru tak memiliki kubah, melainkan hanya memiliki atap khas budaya Minangkabau. Bagian atapnya memiliki desain Rumah Gadang dengan empat sudut lancip, sedangkan bangunannya berbentuk gonjong.





Masjid Raya Sumbar dinobatkan sebagai pemenang penghargaan untuk desain arsitekturnya yang istimewa dan menarik bersama enam masjid lainnya.


Dilansir dari iqna.ir, penghargaan Abdullatif Al-Fozan untuk Arsitektur Masjid mengumumkan pemenang kompetisi internasional ketiga dalam sebuah upacara di Madinah, Arab Saudi, Senin (20/12).


Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid membahas ide-ide baru untuk desain masjid di seluruh dunia dan mendorong inovasi dalam perencanaan, desain, dan teknologi yang dapat membentuk identitas arsitektur masjid di abad kedua puluh satu.


Ada empat kategori yaitu masjid pusat, masjid Jam', masjid lokal dan masjid komunitas. Motto dari penghargaan ini adalah "Arsitektur Masjid di 21st Century".


Sebanyak 201 masjid di 43 negara telah dinominasikan untuk penghargaan internasional, 27 di antaranya terpilih dan akhirnya tujuh diumumkan sebagai pemenang utama.


Berikut tujuh pemenang edisi ketiga masjid dengan desain arsitektur terbaik yaitu:
1. Masjid Raja Abdullah di Riyadh
2. Masjid Basuna di desa Basuna Sohag Mesir
3. Masjid Al-Ahmar di Bangladesh
4. Masjid Raya Sumatra Barat di Indonesia
5. Masjid Sancaklar di Buyukcekmece Istanbul Turki
6. Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon
7. Masjid Agung Djenne di Mali


Sultan bin Salman bin Abdulaziz, penasihat raja Saudi dan anggota dewan pengawas penghargaan menggarisbawahi pentingnya memperhatikan masjid dan arsitekturnya.**PM***

Baca Juga: Pilgub Sumbar 2024 : Gamawan Fauzi Comeback, Rindu Sosok Pemimpin Merakyat

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya