DPRD Gelar Paripurna Hari Jadi ke-65 Provinsi Jambi

| Editor: Doddi Irawan
DPRD Gelar Paripurna Hari Jadi ke-65 Provinsi Jambi



INFOJAMBI.COM - DPRD Provinsi Jambi menggelar rapat paripurna, dalam rangka memperingati HUT ke-65 Provinsi Jambi, Kamis (6/1/2022).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, didampingi Wakil Ketua I Faisal Riza, Wakil Ketua II Pinto Jayanegara, dan Wakil Ketua III Burhanuddin Mahir.

Hadir pula Gubernur Jambi, Al Haris, Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, serta tamu terhormat, Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan undangan lainnya.

Peringatan HUT ke-65 Provinsi Jambi tahun ini mengambil tema memantapkan ekonomi masyarakat dan daerah menuju Jambi Mantap 2024.

Ketua DPRD Edi Purwanto atas nama pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jambi mengucapkan Dirgahayu Provinsi Jambi ke-65 pada tanggal 6 Januari 2022. Diharapkan Provinsi Jambi semakin jaya dan sejahtera.

Edi berharap pemerintahan Provinsi Jambi mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah yang masih tersisa, mulai dari peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pendapatan daerah, peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, dan pembangunan infrastruktur dan peningkatan status jalan.

Begitu juga dengan penyelesaian konflik lahan, perluasan lapangan kerja, peningkatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, penyelesaian masalah Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) dan illegal drilling, mengatasi pencemaran Sungai Batanghari, lalu lintas angkutan batubara dan sejenisnya, serta mengatasi banjir.

"Alhamdulillah, sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian terhadap lingkungan hidup, DPRD Provinsi Jambi menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Edi.

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kesigapan TNI dan Polri dalam upaya pencegahan karhutla, illegal mining, illegal drilling dan pengendalian lalu lintas angkutan batubara.

Edi Purwanto mengatakan, Peraturan Daerah Provinsi Jambi Nomor 1 Tahun 1970 telah menetapkan tanggal 6 Januari sebagai Hari Jadi Provinsi Jambi. Maka di hari bersejarah ini DPRD Provinsi Jambi menggelar rapat paripurna, sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT.

Dengan semboyan ”Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”, masyarakat Provinsi Jambi mampu menjaga persatuan dan kesatuan, bergotong royong membangun Jambi, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagaimana cita-cita para orang tua pencetus berdirinya Provinsi Jambi.

Hal ini terkonfirmasi dengan laporan Indeks Kebahagiaan 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik, bahwa Provinsi Jambi menempati urutan keempat dari 10 provinsi yang paling bahagia di Indonesia.

Pemerintah Provinsi Jambi meraih 7 penghargaan dari beberapa kementerian dan media group, diantaranya peningkatan produksi padi dan ekspor komoditas pertanian tertinggi, daerah peduli perlindungan konsumen, penetapan warisan budaya tak benda Indonesia, produktifitas Mahakarya dan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri sebagai provinsi yang sangat inovatif.

Gubernur Jambi, Al Haris, menyampaikan, pembangunan Provinsi Jambi sudah berlangsung 65 tahun. Patut bersyukur atas perjalanan tersebut. Pemprov Jambi bekerja sama dan bekerja sinergis dengan semua pihak terkait.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pemangku kepentingan yang telah berkontribusi dalam membangun Provinsi Jambi,” ujarnya.

Al Haris berharap kerja sama dan kerja sinergi ini bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan, demi meningkatkan kemajuan dan daya saing daerah, yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan perlu adanya kerjasama Pemprov Jambi dan swasta membangun creative financing. Potensi batubara, karet, kelapa sawit, dan lainnya sangat baik di Jambi, sehingga perlu bantuan dana dari pengusaha untuk pembangunan infrastruktur transportasi di Jambi.

"Kami berkomitmen, pendanaan yang dilakukan kemenhub tak terbatas dari APBN," ungkapnya. | rel

Baca Juga: Kerjasama Pembangunan Pasar Angsoduo dan JBC Disepakati

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya