Walikota Jambi Dorong UMKM Manfaatkan Digitalisasi untuk Kembangkan Usaha

| Editor: Doddi Irawan
Walikota Jambi Dorong UMKM Manfaatkan Digitalisasi untuk Kembangkan Usaha



INFOJAMBI.COM - Indonesia sudah memasuki era digitalisasi revolusi industry 4.0 yang tidak dapat dihindari. Sayangya, untuk ke tahap itu, Indonesia masih sedikit lambat dibanding negara lainnya.

Namun demikian, pandemi covid-19 mendorong masyarakat, khususnya pelaku usaha lebih cepat menggunakan digitalisasi, terutama pemanfaatan teknologi informasi yang platformnya media sosial.

Pemerintah Kota Jambi tidak tinggal diam menghadapi tantangan tersebut. Segala upaya memajukan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), jauh-jauh hari telah dilakukan Pemkot Jambi.

Ini dibuktikan dengan status Kota Jambi yang dikenal sebagai Smart City. Bahkan Pemkot Jambi telah menciptakan pelaku UMKM berbasis digital lewat pelatihan Digital Entrepreneur Academy (DEA), bekerja sama dengan Kementerian Kominfo.

Walikota Jambi, Syarif Fasha, menyinggung sisi positif dari pandemi covid-19, yaitu memaksa para pelaku usaha mempercepat memanfaatkan digitalisasi dalam memasarkan produknya.

“Di masa pandemi covid-19, pelaku usaha melakukan digitalisasi. Banyak toko tutup dan bangkrut. Tapi mereka harus tetap hidup. Mereka melakukan semua kegiatan bisnis menggunakan digitalisasi,” kata Fasha saat membuka pelatihan DEA terkait pengelolaan keuangan digital, di Hotel Aston, Jumat pagi, 28/1/2022.

Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo RI, Parulian Sitompul mengatakan, pelatihan digitalisasi entrepreneur academy ini diikuti 100 peserta yang merupakan pelaku usaha.

“Kota Jambi tahun 2022 mendapatkan kuota 10 ribu talenta digital dari Kementerian Kominfo,” katanya.

Pelatihan ini diberikan kepada pelaku usaha tetap, para pelaku-pelaku bisnis yang sudah ada usahanya. Kedepan akan dilakukan pelatihan bagi pemula yang baru melakukan usaha.

“Bagaimana membuka peluang produk-produk lokal Kota Jambi untuk dipasarkan secara internasional lewat digitalisasi,” ujar Parulian.

Penulis : Achmad Fadli | Editor : Dodik

 

Baca Juga: Walikota Jambi Hentikan Operasional Hotel Novita

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya