Tingkatkan Kompetensi ASN dengan E-learning

| Editor: Admin
Tingkatkan Kompetensi ASN dengan E-learning

Penulis : Bambang Subagio
Editor : PM




INFOJAMBI.COM - Kemudahan mendapatkan ilmu untuk meningkatkan wawasan dan _soft skill_ aparatur sipil negara ( ASN) terus dilakukan pemerintah. E-learning menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan kompetensi ASN dan diyakini mampu memberi kemudahan karena dapat diakses dari manapun dan kapanpun.

"Adanya platform _e-learning_ akan memudahkan ASN dalam peningkatan kompetensi, tidak terbatas pada tugas dan fungsinya di instansi, tapi juga bisa mempelajari hal baru yang berkaitan dengan hobi dan _interest_-nya,” ujar Kepala Bidang Peningkatan Kinerja Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Kementerian PANRB, Istyadi Insani saat audiensi dengan platform _e-learning_ Udemy for Government di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (22/01/2020).

Sesuai  Peraturan Pemerintah No. 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), pengembangan kompetensi perlu dilakukan sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan kompetensi. _E-learning_ merupakan salah satu metode pengembangan kompetensi berupa pelatihan nononklasikal. Dalam PP tersebut tercantum bahwa setiap ASN harus memenuhi pelatihan sebanyak 20 jam setiap tahunnya.

Dijelaskan Istyadi, ASN dapat mengikuti berbagai jenis kursus yang disediakan platfom _e-learning_. Ketika ASN tersebut telah selesai mengikuti kursus, maka akan dilakukan uji kompetensi untuk membuktikan dirinya telah melakukan pelatihan.

"Uji kompetensi akan dilakukan oleh instansi yang bersangkutan sebagai tanda bahwa ASN tersebut telah menyelesaikan pelatihan via e-learning tadi," imbuhnya.

Perwakilan Udemy for Government di Indonesia Daniel Tumiwa mengatakan platform e-learning ini tidak hanya membantu untuk peningkatan kompetensi ASN secara merata hingga ke daerah, tapi juga menciptakan budaya belajar bagi ASN tersebut.

"Kemudahanmengakses _e-learning_ akan mempercepat proses _transfer knowledge_ sehingga membuat ASN ingin terus menggali pengetahuan baru sehingga terciptalah budaya belajar dalam dirinya,” ujar Daniel. ***

Baca Juga: Pekan Olahraga untuk Menyegarkan Wartawan Profesional

BERITA KAMI ADA DI GOOGLE NEWS | INSTALL APLIKASI INFOJAMBI.COM DI PLAYSTORE

Berita Terkait

Berita Lainnya