Ini Syarat Atlet yang Bisa Mewakili Jambi pada PON XXI Aceh-Sumut 2024

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi tengah menyusun program dan strategi dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut tahun 2024.

Reporter: - | Editor: Izwan Sholimin
Ini Syarat Atlet yang Bisa Mewakili Jambi pada PON XXI Aceh-Sumut 2024
Budi Setiawan KONI Jambi

KOTA JAMBI, INFOJAMBI.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi tengah menyusun program dan strategi dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut tahun 2024.

Ketua umum KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan mengatakan, melalui rapat kerja provinsi (Rakerprov) KONI Provinsi Jambi pada Senin (17/10) kemarin, telah disusun program pembinaan dan tata cara pelaksanaan seleksi atlet menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Pada Rakerpov kemarin kita sudah menyepakati terkait mekanisme seleksi atlet dan nomor pertandingan, prioritas seleksi atlet,” ujarnya, Selasa (18/10).

Ia memaparkan, seleksi atlet dan nomor pertandingan cabang olahraga (cabor) yang lolos untuk mengikuti PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 dilakukan melalui :

1. Babak pra kualifikasi atau pra PON melalui kejuaraan nasional yang dilaksanakan oleh PP atau PB cabor masing-masing yang bersifat nasional.

2. Babak pra kualifikasi atau pra PON melalui pekan olahraga wilayah (Porwil) atau kejuarnas wilayah (Kejurwil) yang dilaksanakan oleh PP atau PB cabor masing-masing dalam multi event wilayah.

3. Rally point atau sebutan lain untuk hal tersebut yang menentukan rangking atlet pada nomor pertandingan cabor secara nasional yang dikeluarkan secara resmi oleh PP atau PB cabor masing-masing.

Kemudian untuk prioritas atlet atau nomor pertandingan cabor kontingen Jambi yang dikirim mengikuti PON XXI Aceh Sumut tahun 2004 yakni :

1. Atlet atau nomor pertandingan cabor yang lolos seleksi babak pra kualifikasi atau pra PON.

2. Atlet atau nomor pertandingan cabor yang lolos babak pra kualifikasi atau pra PON untuk kontingen Jambi yang mengikuti pon XXI Aceh semut 2024, meliputi :

a. Atlet atau nomor pertandingan cabor yang lolos seleksi babak pra kualifikasi atau pra PON melalui kejuaraan nasional yang dilaksanakan oleh PP atau PB cabor masing-masing yang bersifat nasional yang menempati rangking 1 sampai dengan 5.

b. Atlet atau nomor pertandingan cabor yang lolos seleksi seleksi babak kualifikasi atau pra PON melalui Porwil atau Kejurwil yang dilaksanakan oleh PP atau PB cabor masing-masing dalam multi event melalui wilayah yang menempati rangking 1 dan 2.

c. Atlet atau nomor pertandingan cabor yang lolos seleksi melalui rally point atau sebutan lain untuk hal tersebut yang menentukan rangking atlet pada nomor pertandingan cabor secara nasional yang dikeluarkan secara resmi oleh PP atau PB cabor masing-masing yang menempati ranking 1 sampai dengan 4.

Selain beberapa point di atas, dalam Rakerpov juga dibahas mengenai atlet peraih medali pada PON XX Papua tahun 2021 lalu, Budi menyebutkan, mereka akan dipertimbangkan sebagai atlet kontingen Jambi yang dikirim untuk mengikuti PON Aceh Sumut tahun 2004.

“Mereka bisa diikutsertakan dengan tidak mempertimbangkan hasil rangking pada babak pra kualifikasi atau pra PON, dan atlet tersebut tidak bisa digantikan oleh atlet lain untuk nomor pertandingan yang lolos tersebut, kecuali lolos babak pra kualifikasi atau pra PON,” terangnya.

Budi Setiawan berharap, lewat Rakerpov dapat menyamakan persepsi dalam membina atlet guna memajukan olahraga Jambi.

“Kita berharap lewat Rakeprov nanti, KONI kabupaten/kota serta pengprov cabor dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas, pembinaan yang lebih kondusif, Isentif terhadap peningkatan pembinaan dan prestasi atlet, serta kesejahteraan para pelatih cabang olahraga,” tuturnya.

Menurut Budi, peningkatkan peran dan fungsi pengelola cabang olahraga sebagai garda terdepan dalam peningkatan prestasi olahraga di Provinsi Jambi.

Untuk itu perlu disusunnya rencana kerja dan anggaran yang matang untuk 2023 mengingat pentingnya program persiapan KONI Provinsi Jambi menuju PON XXI Aceh-Sumut

“Ada sejumlah event olahraga yang akan kita hadapi ke depan, seperti PORPROV, Pra PON, dan PON Aceh-Sumut. Kita perlu menyamakan persepsi, komitmen dan tujuan bersama.

Selain itu kita sangat perlu dukungan pemerintah, karena pertimbangan pelaksanaan untuk mengikuti event tersebut didasarkan dan disesuaikan dengan dana yang tersedia yang dialokasikan dalam APBD Pemprov Jambi tahun anggaran 2024 untuk mengikuti kegiatan PON XXI Aceh- Sumut tahun 2024,” tandasny.***

Baca Juga: Ryan dan Yusuf Dapat Bonus dari KONI

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya