Irjen Kemendagri Apresiasi Peran Para Istri Wali Kota

Para istri Wali Kota se-Indonesia hadir dalam acara sarasehan di Kota Jambi. Kehadiran istri para pemimpin kota ini diharap bisa berbagi pengalaman dalam kemajuan dan perubahan.

Reporter: NST | Editor: Doddi Irawan
Irjen Kemendagri Apresiasi Peran Para Istri Wali Kota
Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Para istri Wali Kota se-Indonesia hadir dalam acara sarasehan di Kota Jambi. Kehadiran istri para pemimpin kota ini diharap bisa berbagi pengalaman dalam kemajuan dan perubahan. 

Pada pembukaan di Hotel BW Luxury, Kota Jambi, istri-istri Wali Kota yang hadir 56 orang dari 98 istri Wali Kota se-Indonesia. Hadir pula tiga wali kota, yakni Wali Kota Bogor, Wali Kota Padang Pariaman dan Wali Kota Jambi. 

Irjen Kementerian Dalam Negeri, Tomsi Tohir, berharap para istri wali kota ikut
membangkitkan peran masyarakat, baik masalah keluarga, ekonomi, kesehatan maupun masalah stunting. 

"Saya sangat mengapresiasi acara ini, forum istri wali kota se-Indonesia. Saya berterima kasih kepada Wali Kota Jambi yang menyelenggarakan acara ini," ujar Tomsi.

Tomsi menyebutkan, sarasehan perlu membahas dukungan terhadap program pemerintah, seperti UMKM dan pembelanjaan produk dalam negeri. 

“Harus membangkitkan peran masyarakat, baik masalah keluarga, ekonomi, kesehatan dan stunting,” kata Tomsi, Kamis, 24 November 2022.

Tomsi mengatakan, forum sarasehan yang diadakan di Kota Jambi sangat luar biasa. Masyarakat sangat menantikan ide dan konsep kemajuan, khususnya di daerah kota. 

Tidak hanya itu. Fenomena yang bisa dilihat, seperti anak-anak melakukan kekerasan berupa geng motor. Mereka memukuli nenek tua. Ini harus diubah melalui peran istri wali kota. 

Narkoba juga semakin marak. Itu semua membutuhkan peran para istri wali kota dalam membina masyarakat, khususnya ketahanan keluarga, menjaga generasi muda lebih baik. 

Perkembangan kemajuan teknologi juga banyak merusak anak-anak. Orang tuanya bekerja sangat keras untuk menghidupi keluarga, namun anak-anaknya sendiri terlupakan.

Tomsi menegaskan, dalam membimbing masyarakat, perlu diajarkan dan diberi perhatian khusus. Peran para istri wali kota sangat mendukung kegiatan para suami. 

"Dengan dilaksanakan forum ini, diharapkan para istri wali kota semakin aktif membagikan pengalaman dan memberi dukungan, serta menciptakan kegiatan positif dengan meningkatkan partisipasi sesuai kearifan lokal,” ujar Tomsi. ***

Baca Juga: Lagi, Kemendagri Bagi-Bagi Penghargaan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya