Kapolda Jambi Ajak Semua Pihak Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, menghadiri coffee morning Satgas Karhutla Provinsi Jambi dengan para pengusaha hutan

Reporter: Andra Rawas | Editor: Doddi Irawan
Kapolda Jambi Ajak Semua Pihak Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan
Kapolda Jambi mengajak semua pihak mengantisipasi karhutla | foto : andra rawas

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, menghadiri coffee morning Satgas Karhutla Provinsi Jambi dengan para pengusaha hutan dan perkebunan, Kamis, 14/7/2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Korem 042/Gapu Jambi bertujuan berkoordinasi dengan para pengusaha dalam mewujudkan pencegahan karhutla di Provinsi Jambi tahun 2022.

Kapolda Jambi dalam amanatnya menyampaikan bahwa Polda Jambi dan para stakeholder telah membuat rancangan program pencegahan karhutla.

Ada 8 program yang dirancang dan diusulkan, yaitu optimalisasi fasilitas pendukung mencegah karhutla dari internal seperti polres dan polsek dipersiapkan alat pencegahan.

Kedua, optimalisasi fasilitas pendukung pengendalian karhutla oleh pihak perusahaan perkebunan , serta laksanakan latihan.

Ketiga, melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan tanpa membakar. Keempat, bekerja sama dengan instansi yang berada di sektor perkebunan dan kehutanan.

Kelima, bersinergi dengan ahli. Perlu peran media untuk menyampaikan setiap kejadian dan bahaya karhutla dan sanksi pelaku karhutla dan dampaknya.

Keenam, melakukan patroli  udara dan darat, patroli babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta manfaatkan CCTV karhutla.

Ketujuh, melakukan penyusunan anggaran untuk pencegahan dan penanggulangan karhutla. Kedelapan, dilakukan penegakan hukum, serta pemadaman api kecil maupun besar.

"Mari bersinergi dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla serta aktif menanggulangi dan satukan pemahaman bersama, karena upaya pencegahan karhutla adalah usaha kita bersama. Semoga Jambi terjaga dari karhutla kedepannya," ujar Kapolda.

Acara dilanjutkan dengan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama oleh  Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu serta perwakilan pengusaha hutan dan perkebunan.

Tampak hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI Supriono, Karo Ops Kombes Pol Feri Handoko S, Dirreskrimsus Kombes Pol Christian Tory, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, para pengusaha hutan dan perkebunan, serta BPBD dan BNPB. ***

Baca Juga: Zola Launching Pergub Pengendalian Karhutla

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya