Kapolda Jambi Jadi Pembicara FGD di Jakarta

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono hadiri dan menjadi pemateri pada kegiatan Focus Group Discussion  (FGD) hasil penelitian

Reporter: Andra Rawas | Editor: Doddi Irawan
Kapolda Jambi Jadi Pembicara FGD di Jakarta
Kapolda Jambi menjadi pembicara pada acara FGD di Jakarta | foto : andra rawas

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono hadiri dan menjadi pemateri pada kegiatan Focus Group Discussion  (FGD) hasil penelitian dengan Tema "Optimalisasi Peran Satker Binmas dalam Implementasi tugas-tugas Preemtif ".

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, pada Rabu (9/11/2022). 

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Komisioner Kompolnas RI, Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar, Dosen STIK-PTIK Dr Yundini Husni Djamaluddin, Dosen Tetap Pasca Sarjana Universitas Pelita Harapan Dr Ermus Sihombing, anggota Kompolnas dan Bhabinkamtibmas.

Kegiatan dilakukan guna berdiskusi dan memberi arahan kepada Bhabinkamtibmas tentang memaksimalkan perannya untuk mengayomi dan melindungi masyarakat.

Selaku pemateri, Kapolda Jambi memberikan berbagai arahan, di antaranya cara optimalisasi dan implementasi tugas Bhabinkamtibmas di lapangan.

Ada dua jenis cara optimalisasi dan implementasi tugas dan peran kepolisian, yaitu pemolisian konvensional dan pemolisian kontemporer. 

Secara konvensional, lebih mengedepankan gakkum dan bersifat reaktif, sedangkan secara kontemporer harus lebih mengedepankan pencegahan, proaktif, problem solving, kemitraan dan menunjukkan kita adalah ikon keamanan dan rasa aman.

Rusdi menyebutkan, Bhabinkamtibmas harus bisa mengedepankan prinsip moralitas dan profesionalitas, yaitu menyadari keberadaannya sejajar dengan masyarakat yang dilayani, memahami kebutuhan keamanan dan rasa aman, sering melakukan dialog, keberadaannya bisa diterima dan didukung, berperan sebagai polisi adalah penolong dan menunjukkan ikon kedekatan dan persahabatan.

"Jika Bhabinkamtibmas mampu menampilkan dan menunjukkan dengan nyata semua itu ke masyarakat binaannya, masyarakat akan semakin erat berhubungan dengan Polri dan tingkat kepercayaan akan semakin tinggi, sehingga memudahkan bekerja sama dan berkoordinasi dengan masyarakat" ujar Rusdi. 

Usai Kapolda Jambi memberikan materi, acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber lainnya, diakhiri dengan pemberian plakat dan foto bersama. ***

Baca Juga: Yazid Fanani ke BIN, Ini Kapolda Jambi yang Baru...

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya