Perputaran Uang Saat Lebaran Sinyal Positif Bagi Pemulihan Ekonomi Indonesia

Idul Fitri tak hanya menjadi berkah bagi umat muslim Indonesia, namun juga menjadi berkah bagi banyak kalangan, terutama para pelaku ekonomi.

| Editor: Doddi Irawan
Perputaran Uang Saat Lebaran Sinyal Positif Bagi Pemulihan Ekonomi Indonesia

INFOJAMBI.COM – Idul Fitri tak hanya menjadi berkah bagi umat muslim Indonesia, namun juga menjadi berkah bagi banyak kalangan, terutama para pelaku ekonomi. Di masa libur Lebaran 2022, perekonomian Indonesia kembali bergairah.

Perputaran uang meningkat setelah pemerintah kembali mengizinkan tradisi mudik atau pulang kampung, usai dua tahun dilarang karena pandemi. Selama lebaran, okupansi hotel dan kunjungan di kawasan wisata meningkat.

Diperkirakan, sekitar Rp 42 triliun uang berputar selama periode lebaran kali ini. Ekonom dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Teuku Riefky menilai, perputaran uang selama lebaran ini menunjukkan sinyal positif terhadap perekonomian dalam negeri.

Menurut Riefky, hal ini didorong oleh beberapa faktor. Pertama, karena trend up demand yang terjadi setelah masyarakat memiliki mobilitas terbatas selama dua tahun terakhir.

Baca Juga: Jamin Ketersediaan Pangan, Simontok Turun Tangan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Lanjut ke halaman berikutnya

Berita Terkait

Berita Lainnya