PPKM Covid-19 Dicabut, Masyarakat Harus Tetap Jaga Kesehatan

Gubernur Jambi, Al Haris, mengajak masyarakat Jambi terus berpartisipasi aktif menjaga kesehatan pasca pandemi covid-19.

Reporter: RRH | Editor: Doddi Irawan
PPKM Covid-19 Dicabut, Masyarakat Harus Tetap Jaga Kesehatan
Al Haris rapat bersama Kemendagri dan Kemenkes | foto : agus

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Gubernur Jambi, Al Haris, mengajak masyarakat Jambi terus berpartisipasi aktif menjaga kesehatan pasca pandemi covid-19

Ajakan itu disampaikannya seusai rapat secara virtual, bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan, di Kantor Gubernur Jambi, Senin, 2 Januari 2023.

Rapat ini diadakan dalam rangka pencabutan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM), yang diterapkan selama tiga tahun pandemi covid-19.

Masyarakat diminta lebih aktif berpartisipasi, peduli dan sadar pada kesehatan. Pemerintah telah menghentikan kebijakan PPKM. 

Baca Juga: Haris - Khafid Semarakkan Puncak HKN ke-52

“Strategi transisi pendemi menjadi endemi dilakukan bertahap, dengan menurunkan intervensi pemerintah dan meningkatkan partisipasi masyarakat,” ujar Al Haris.

Meskipun pemerintah pusat telah mencabut kebijakan PPKM, Pemerintah Provinsi Jambi tetap melanjutkan percepatan vaksinasi bagi masyarakat, karena vaksin booster di Jambi masih tergolong rendah.

“Dinas kesehatan terus aktifkan tim. Diharapkan setelah pencabutan PPKM ini masyarakat Jambi tetap mematuhi protokol kesehatan,” perintah Al Haris.

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, setelah tiga tahun pandemi covid-19, pemerintah memutuskan menghentikan kebijakan PPKM. 

Penghentian kebijakan PPKM diambil dengan berbagai pertimbangan, antara lain situasi pandemi covid-19 terkendali dan tingkat imunitas masyarakat cukup tinggi.

“Meski telah dihentikan, pemerintah tetap harus waspada, karena pandemi belum sepenuhnya berakhir. Monitor kasus harus tetap dilaksanakan dan vaksinasi booster tetap didorong. Masyarakat perlu tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Luhut.

Luhut menginstruksikan, obat-obatan dan vitamin harus selalu tersedia di berbagai fasilitas kesehatan selama masa transisi. Pemberian bantuan sosisl juga harus ada, untuk membantu proses pemulihan ekonomi yang telah berjalan cepat.

Luhut berpesan kepada seluruh kepala daerah, agar selalu mengecek stok oksigen. Belajar dari pengalaman, oksigen sangat penting ketika covid-19 berada di level tertinggi. ***

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya