PT Palma Gemilang Kencana Buang Limbah Sawit ke Sungai Simpang Tuan

Ratusan Warga Desa Bukit Tempurung, Kabupaten Tanjung Jabung Timur unjuk rasa di pabrik kelapa sawit PT Palma Gemilang Kencana (PT PGK), Selasa (27/9/2022).

Reporter: Rifky Hasibuan | Editor: Mursyid Sonsang
PT Palma Gemilang Kencana Buang Limbah Sawit ke Sungai Simpang Tuan
Ratusan Warga Desa Bukit Tempurung, Kabupaten Tanjung Jabung Timur unjuk rasa di pabrik kelapa sawit PT Palma Gemilang Kencana (PT PGK), Selasa (27/9/2022) || Foto : Rifki

TANJUNG JABUNG TIMUR, INFOJAMBI.COM - Ratusan Warga Desa Bukit Tempurung, Kelurahan Simpang Tuan, Kabupaten Tanjung Jabung Timur unjuk rasa di pabrik kelapa sawit PT Palma Gemilang Kencana (PT PGK), Selasa (27/9/2022). 

Warga memprotes limbah perusahaan pengolah buah kelapa sawit tersebut dibuang ke sungai yang selama ini di manfaatkan warga untuk kebutuhan sehari hari.

"Kami meminta pertanggungjawaban perusahaan yang sudah membuang limbah ke aliran sungai di desa kami, dampaknya ikan banyak mati berakibat hilangnya mata pencaharian, dan banyak warga yang menggunakan air itu kulitnya gatal-gatal,” ujar koordinator aksi Mirza Ashari Jubir.

Limbah Parik Kelapa Sawit
Limbah Parik Kelapa Sawit

Warga sudah lama mengeluhkan hal ini, sejak pabrik pengolahan buah sawit ini beroperasi sekitar empat tahun lalu. Namun, keluh kesah masyarakat tidak pernah mendapatkan solusi dari pihak perusahaan.

Pihak perusahaan yang menerima perwakilan masyarakat, berjani akan bertanggungjawab atas kerugian yang dialami oleh masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Provinsi Jambi telah mengambil sampel air untuk diteliti di laboratorium, apakah limbah tersebut berbahaya atau masih aman untuk dibuang di aliran sungai.*

Baca Juga: Tuntut Perjanjian Kerja, Warga Tabir Demo PT AWI

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya