Robby Nahliansyah Hadiri Rakor Kenduri Swarnabhumi

| Editor: Doddi Irawan
Robby Nahliansyah Hadiri Rakor Kenduri Swarnabhumi



INFOJAMBI.COM – Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, H Robby Nahliansyah, hadir pada Rapat Koordinasi Kenduri Swarnabhumi, yang dipimpin Wakil Gubernur Jambi, H Abdullah Sani, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (14/3/2022).

Kegiatan Kenduri Swarnabhumi merupakan inisiasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, yang merupakan kegiatan Susur Budaya Melayu Jambi, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Provinsi Jambi memiliki kebudayaan Melayu Jambi yang beraneka ragam, meliputi upacara kepercayaan tradisional, sistem kemasyarakatan / kepemimpinan, sistem gotong royong, adat perkawinan, tradisi lisan, bahasa, pakaian, corak arsitektur bangunan, peralatan dan pertukangan, permainan, seni, ragam makanan dan minuman, hukum adat, pengobatan dan berbagai kreasi lainnya.

Sembilan pemerintah daerah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari yang hadir pada rapat koordinasi yaitu Tanjab Timur, Muaro Jambi, Kota Jambi, Batanghari, Sarolangun, Merangin, Tebo, Bungo, dan Dharmasraya, yang menyatakan komitmen ditandai penandatangan secara simbolis.

Harapan dari kegiatan ini adalah agar menjadi wadah informasi baru, sekaligus penelusuran bukti-bukti sejarah budaya Melayu Jambi melalui konsep traveling budaya dari kacamata anak muda. | bn/adv-tjt

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

LAM Jambi dan Unja Jalin Kerja Sama

LAM Jambi dan Unja Jalin Kerja Sama

Wisata - Seni - Budaya
Berita Lainnya