Sekolah di Kerinci Sepi Peminat, SD 83 Cuma Punya Satu Siswa Baru

Sekolah di Kerinci Sepi Peminat, SD 83 Cuma Punya Satu Siswa Baru

Reporter: Kapior Gandi | Editor: Doddi Irawan
Sekolah di Kerinci Sepi Peminat, SD 83 Cuma Punya Satu Siswa Baru
SD Negeri 83 Desa Koto Majidin Diair, Kecamatan Air Hangat, Kerinci | foto : gandi

KERINCI, INFOJAMBI.COM - Memasuki tahun ajaran baru, 2022/2023, Sekolah Dasar (SD) Negeri 83 Desa Koto Majidin Diair, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, sangat sepi pendaftar.

Tahun ini hanya ada satu siswa yang mendaftar di sekolah itu. Murid kelas satunya hanya dua orang, itupun ditambah satu orang dari siswa yang tinggal kelas lantaran belum cukup umur.

Dalam beberapa tahun terakhir, sekolah ini memang selalu kekurangan siswa. Bahkan satu kelas hanya diisi empat hingga enam siswa. Sepinya siswa yang mendaftar salah satunya disebabkan banyak siswa memilih sekolah lain.

Di sekitar SD Negeri 83 memang ada tiga SD negeri lainnya. Selain itu juga ada satu sekolah madrasah ibtidaiyah. Setiap tahun, empat sekolah ini selalu berlomba mendapatkan siswa baru.

“Kami sudah melakukan berbagai upaya, bahkan sudah meminta dukungan dari pemerintah desa dan masyarakat sekitar. Tapi tahun ini SD 83 hanya ada satu orang pendaftar,” jelas Kepala SD Negeri 83, Ida Haryanis.

Koordinator Wilayah Satuan Pendidikan Kecamatan Air Hangat, Zulyadi, mengakui masalah kekurangan siswa ini tidak hanya terjadi di SD 83. Di beberapa sekolah lainnya juga bernasib sama.

“Kondisi ini terjadi juga di sekolah-sekolah lainnya di Kecamatan Air Hangat,” ujarnya.

Ida Haryanis dan Zulyadi menghimbau pihak pemerintah desa dan masyarakat Desa Koto Majidin Diair, terutama orang tua siswa, agar menyekolahkan anaknya di sekolah terdekat sehingga terjadi pemerataan siswa. ***

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya