Semen Baturaja Jadikan Lahan Bekas Tambang Habitat Budidaya Lebah Trigona

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) kembanbgkan peternakan lebah di areal bekas tambang

Reporter: TIM/ Ahmad Muzir | Editor: Mursyid Sonsang
Semen Baturaja Jadikan Lahan Bekas Tambang Habitat Budidaya Lebah Trigona
PT. Semen Baturaja di Area Lahan Bekas Tambang Habitat Budidaya Koloni Lebah Trigona || Poto : Ist

BATURAJA, INFOJAMBI.COMPT Semen Baturaja (Persero) Tbk ( SMBR) telah melakukan kegiatan reklamasi dan revegetasi dengan menggunakan sistem silvikultur sebagai dampak dari penambangan bahan baku pembuatan semen. Dengan melakukan pemanfaatan area bekas tambang, Beeyond Team SMBR melakukan inovasi ramah lingkungan yaitu pengelolaan ekosistem pada Area Lahan Bekas Tambang Quarry dengan Sistem Silvikultur Menjadi Habitat Budidaya Koloni Lebah Trigona.

Area hijau yang dihasilkan dari progam reklamasi menumbuhkan banyak jenis tanaman. Tanah seluas 30,14 Ha di lahan bekas tambang tersebut diisi dengan berbagai tanaman buah-buahan, tanaman hias berbunga, dan tanaman dengan pohon sedang hingga yang tinggi.

Jenis tanaman hias yang banyak mengandung nectar dan pollen inilah yang sangat disukai oleh koloni lebah, sehingga muncullah ide untuk pemanfaatan tanaman tersebut sebagai habitat budidaya koloni lebah Trigona.

Inovasi ini sangat mendukung visi dan misi SMBR untuk menjadi Green Cement Based Building Material Company Terdepan di Indonesia. Kegiatan seperti ini membantu SMBR untuk menciptakan Pabrik Semen yang ramah lingkungan serta mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya.

Baca Juga: Pemkot Jambi Apresisi PT Semen Baturaja Bangun Cement Mill

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Lanjut ke halaman berikutnya

Berita Terkait

Berita Lainnya