Tetangga Dekat Jambi Temukan 15 Kasus Omicron

| Editor: Ramadhani
Tetangga Dekat Jambi Temukan 15 Kasus Omicron
Ilustrasi. ((Shutterstock)



INFOJAMBI.COM - Tim Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mendeteksi kasus virus corona (Covid-19) varian Omicron di Provinsi Sumatera Barat. Tercatat ada 15 pasien yang positif terinfeksi varian tersebut.

Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Andani Eka Putra mengatakan kasus Omicron terdeteksi berdasarkan hasil tes terhadap 31 pasien positif Covid-19.

"Terdapat 14 orang berasal dari provinsi Sumbar dari kalangan yang berbeda-beda, dan satunya lagi berasal dari luar Sumbar," kata Andani dilansir dari CNN, Jumat (28/1).

Tes yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menggunakan metode S-gene Target Failure (SGTF). Cara yang digunakan untuk mengidentifikasi suspek atau kasus probable varian Omicron.

Menurut Andani, SGTF dapat melacak Omicron hingga 98 persen karena S-gene mengandung salah satu elemen virus yang tidak ada pada varian Omicron.

Andani mengatakan bahwa jika tes PCR (polymerase chain reaction) dan S-gene tidak terdeteksi, maka kemungkinan besar kasus tersebut adalah varian Omicron meski butuh tes lanjutan dengan metode whole genome sequences.

"Varian Omicron mudah sekali menular, sehingga kita butuh pelacakan sedini mungkin," jelasnya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan hal berbeda. Dia belum menyebut secara gamblang kasus Omicron telah terdeteksi di Sumatera Barat.

"Kita dari pemprov belum ada membuat suatu keputusan tentang adanya varian omicron ini, namun kita sudah bersiap-siap," jelasnya.

Jasman lalu mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu panik dengan varian Omicron. Menurutnya, masyarakat hanya perlu mematuhi protokol kesehatan dengan ketat terutama jika berkegiatan di luar rumah.

"Tapi kita tidak usah panik, kita hanya meminta kepada masyarakat agar benar-benar menerapkan protokol covid secara bersama-sama, terlebih vaksinansi," katanya.

Editor: Ramadhani

Baca Juga: Kerjasama Pembangunan Pasar Angsoduo dan JBC Disepakati

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya