YSSB dan MKGR Jambi Support Ekspedisi Milir Berakit di Sungai Batanghari

Pinto mengajak masyarakat Jambi menghidupkan kembali Sungai Batanghari, sebagai urat nadi ekonomi dan transportasi di Jambi.

Reporter: RRH | Editor: Doddi Irawan
YSSB dan MKGR Jambi Support Ekspedisi Milir Berakit di Sungai Batanghari
Pinto Jayanegara

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara, juga menjabat Ketua Ormas MKGR Provinsi Jambi, dan Ketua Yayasan Sahabat Sungai Batanghari (YSSB). 

Pinto mengajak masyarakat Jambi menghidupkan kembali Sungai Batanghari, sebagai urat nadi ekonomi dan transportasi di Jambi. Selain itu juga untuk menjernihkan kembali ekosistem di Sungai Batanghari.

Salah satunya dengan ekspedisi “ Milir Berakit I” yang diadakan tanggal 30 Desember 2022 hingga 6 Januari 2023, dengan memfasilitasi 17 rakit, meliputi 15 rakit dari YSSB, dan 2 rakit dari swadaya masyarakat. 

Tim Milir Berakit 1 dimulai dari Sungai Batangtembesi, Sarolangun, dan berlabuh di Taman Tanggo Rajo Kota Jambi.

Baca Juga: DPRD Provinsi Jambi – Sulawesi Selatan Sinergikan Program Kerjasama Ekonomi

“Dua juta lebih masyarakat Jambi minum air Sungai Batanghari. Ayo kita jernihkan. Kita tingkatkan kesadaran revitalisasi Sungai Batanghari," ajak Pinto.

Ketua Panitia Milir Berakit 1, Sigit mengatakan, tim Milir Berakit nantinya juga akan menelusuri 9 anak sungai atau 9 lurah. Lalu ke kompleks Percandian Muarojambi yang berada di aliran Sungai Batanghari.

“Candi Muarojambi merupakan pusat kebudayaan di Jambi. Berdasarkan penelitian, ada ratusan candi di sepanjang aliran Sungai Batanghari sampai ke Muara Sabak,” kata Sigit.

Sigit berharap kegiatan ini mampu memberi semangat dan mengedukasi masyarakat, betapa pentingnya mengenal sejarah dari fungsi Sungai Batanghari. ***

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya