Berulang Kali Ditemui Romi, Siapa Haji Metar ?

Sejak berniat maju menjajal pemilihan Gubernur Jambi 2024, Romi Hariyanto terus berkeliling menemui simpul-simpul pemilih

Reporter: Willy | Editor: Doddi Irawan
Berulang Kali Ditemui Romi, Siapa Haji Metar ?
Romi rutin mengunjungi Haji Metar | foto : willy

MUAROJAMBI, INFOJAMBI.COM - Sejak berniat maju menjajal pemilihan Gubernur Jambi 2024, Romi Hariyanto terus berkeliling menemui simpul-simpul pemilih. Mulai dari Batanghari, Sarolangun, Merangin, Bungo, Tebo hingga Kerinci sudah didatangi. 

Namun, tercatat Romi berulang kali mendatangi kediaman Haji Muchtar Saleh, seorang tokoh masyarakat Kelurahan Pasir Panjang, Seberang Kota Jambi. Sejak 2021, sudah empat kali Romi bertandang ke kediaman Haji Metar, sapaan akrab sang tokoh. 

Hari ini, Romi yang menjabat Bupati Tanjungjabung Timur, kembali dijamu oleh Metar di kediamannya. Sebuah pondok sederhana, di tengah tambak ikan nan luas, mirip sebuah villa yang dapat dipastikan hanya bisa dimiliki kaum berduit. 

Lalu siapa sebenarnya Haji Metar, sehingga Romi sampai berulang kali menemuinya ?
Dari berbagai sumber, Metar adalah pengusaha ternama di Provinsi Jambi. Berbagai usaha dia lakoni. Pernah jadi juragan sawmill, penambang pasir, perkebunan hingga SPBU. 

Baca Juga: Gaya Bupati Romi Membangun Semangat Nasionalisme

Metar memulai dari nol. Saat muda, Metar menerima upahan menggembala kerbau warga. Dari upah yang diterima, Metar membuka pangkalan BBM, untuk kebutuhan kapal tongkang dan speedboat yang kala itu ramai di sungai Batanghari. Kebetulan orang tuanya tinggal di sempadan sungai terpanjang di Sumatera itu. 

Pada 1987, Metar merambah usaha kayu dengan membuka sawmill di Pasir Panjang, kampung sebelah kediamannya. Di saat bersamaan dia membuka usaha tambang pasir dan batu. 

Usahanya terus berkembang. Metar dikenal sebagai pengusaha sukses. Dia bertangan dingin. Apapun usaha yang dilakoni selalu berhasil. Dari bukan siapa-siapa, Metar menjelma sebagai tokoh yang menaungi penghidupan warga sekitar. 

Sejak kian ketatnya aturan kehutanan pasca reformasi, Metar menutup usaha sawmill-nya. Namun pertambangan pasir dan batu tetap berjalan hingga kini. 

Naluri bisnis yang tajam mengantarkannya pada usaha bidang pertanian dan perikanan. Dia mengembangkan usaha padi sawah, mempekerjakan warga sekitar. 

Sesekali pria bertubuh gempal ini ikut menggarap sawah. Pun usaha perikanan. ayah tujuh anak ini terjun langsung mengelolanya. Dia menemukan kedamaian hari tua pada usaha-usaha merakyat ini. 

Saban hari, ayah dari Ketua HIPMI Kota Jambi Raden Muhammad Ridwan ini asik dengan ikan-ikannya. Mulai memberi makan hingga mengatur tata kelolanya. 

Pria yang kini 68 tahun itu tidak menjalankan usaha ini sebagai bisnis. Lebih pada hobby. 

“Kalau untuk bisnis tidak masuk, lebih pada hobby saja,” kata Fadli, keponakan Metar, Jumat, 2 Desember 2022. 

Dari keterangan Fadli, setiap hari pakan yang ditebar Metar bernilai puluhan juta rupiah. Tambaknya seluas 40 hektar diisi dengan beragam ikan. Ada patin, nila, emas, kelemak dan juga koi. 

Kebutuhan biaya untuk ikan-ikan itu ditopang dari usaha pertambangan dan sejumlah SPBU yang hingga kini masih eksis. 

Romi Hariyanto menganggap Metar sudah seperti orang tuanya. Komunikasi mereka cukup intens. Bahkan, kata Romi, Haji Metar salah satu tokoh yang mendorongnya untuk Istiqomah maju sebagai calon Gubernur Jambi. 

“Beliau salah satu orang yang pertama mendorong saya maju. Dari beberapa kali pertemuan, saya menjadi memiliki keyakinan kuat karena motivasi beliau. Sebagai anak, hari ini saya kembali menemui beliau untuk silaturrahmi,” jelas Romi. ***

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya