Bupati Romi Sondingkan UMKM dengan Indomaret

Sebuah terobosan mendukung UMKM naik kelas, digagas Bupati Tanjungjabung Timur, Romi Hariyanto.

Reporter: Willy Bronson | Editor: Doddi Irawan
Bupati Romi Sondingkan UMKM dengan Indomaret
Bupati Romi mengecek produk UMKM yang di jual di gerai Indomaret | foto : willy

MUARASABAK, INFOJAMBI.COM - Sebuah terobosan mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM) naik kelas, digagas Bupati Tanjungjabung Timur, Romi Hariyanto.

Romi memastikan produk UMKM Tanjabtim bisa masuk ke gerai Indomaret yang ada di daerah itu. Saat ini sudah ada lima gerai Indomaret di Tanjabtim. 

Kerja sama itu disambut baik manajemen Indomaret. Nantinya diupayakan seluruh produk unggulan UMKM masuk gerai Indomaret. 

Bahkan, pihak Indomaret sudah menyiapkan golden space bagi produk UMKM itu. 

Baca Juga: Bank Indonesia Gelar Sosialisasi Pembiayaan UMKM

Golden space adalah tempat khusus dan paling diminati oleh vendor Indomaret. Posisinya persis dekat pintu masuk Indomaret, sehingga mudah terlihat konsumen. 

Namun tentu saja kualifikasi produk UMKM yang diakomodir harus sesuai standar Indomaret.

"Saya berharap UMKM untung, Indomaret juga untung,” jelasnya dihadapan 75 UMKM peserta pelatihan Indomaret, di ruang pola Kantor Bupati Tanjabtim, Kamis, 19 Januari 2023.

Romi dengan tegas memerintahkan dinas kesehatan dan dinas perindag membantu percepatan pengurusan PIRT.

Selain itu juga tentang sertifikasi halal yang menjadi salah satu prasyarat, agar produk UMKM Tanjabtim dapat diterima di gerai Indomaret. 

Head Office Indomaret Pusat, Wibi Budilaksono yang hadir menyebutkan, Indomaret sangat mendukung gagasan Bupati Tanjabtim memacu UMKM untuk naik kelas.

Karena itu mereka hadir di Muarasabak memberikan pelatihan untuk penguatan UMKM. 

“Tujuannya agar UMKM kita bisa bersaing di ritel modern maupun pasar e-commerce,” ucap Wibi. 

Soal permintaan Bupati agar tenaga kerja di setiap gerai menggunakan tenaga lokal, Indomaret juga menyepakatinya. 

Materi pelatihan sepenuhnya diakomodasi Indomaret, meliputi pengolahan produk terstandar, kelengkapan perizinan, kemasan produk, tata cara pemasaran, serta pemberian pengetahuan manajemen usaha.

Selain itu juga materi kelembagaan dan pembiayaan terkhusus akses ke perbankan. 

Seluruh peserta pelatihan juga diberikan impulse sealer secara cuma-cuma oleh Indomaret.

Indomaret juga memberikan doorprize berupa dua gerobak UMKM, handphone, blender dan kompor gas, sebagai dukungan nyata pada UMKM Tanjabtim.

Sebanyak 120 produk UMKM yang ditampilkan pada saat acara juga akan diverifikasi, agar bisa segera masuk outlet Indomaret. 

Kepala Dinas Perindag Tanjabtim, Muhammad Awaluddin menjelaskan, kerja sama Pemkab Tanjabtim - Indomaret diharapkan bisa terus berkembang seiring tumbuhnya gerai Indomaret di Tanjabtim.

Dia tak menampik kerja sama serupa dijajaki juga dengan ritel lain, seperti Alfamart dan minimarket yang ada di daerah itu.

"Kami akan terus mendorong UMKM bisa segera naik kelas. Kami berupaya menjalin kemitraan yang baik, agar sinergi UMKM dengan pasar modern bisa berjalan optimal," ujarnya.


Pemkab Tanjabtim menargetkan tumbuhnya UMKM untuk mengurai soal lapangan pekerjaan, sekaligus menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat secara luas.***

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya