Cay Evi, Ngeteh Kebiasaan Warga Bursa, Turki.

Cay Evi, Ngeteh Kebiasaan Warga Bursa, Turki.

Reporter: PM | Editor: Mursyid Sonsang
Cay Evi, Ngeteh Kebiasaan Warga Bursa, Turki.
Kebiasaan warga Bursa, Turki minum teh || Foto : PM

Laporan Mursyid Sonsang dari Bursa, Turki

Kalau liburan ke Turki tidak lengkap kalau tidak berkunjung ke Kota Bursa yang berjarak lebih kurang 150 km dari Kota terbesar di Turki Istambul.

Bursa adalah kota tempat Osman Gazi memproklamirkan dinasti Ustmaniah atau Ottoman tahun 1299. Di kota itu dia melebarkan kekuasaannya. 

Dinasti Ottoman berkuasa sekitar 7 abad meliputi daerah Timur Tengah, Asia Kecil, daerah Balkan di Eropah dan Afrika Utara. Bahkan jejak Ottaman sampai ke Aceh, Sumatera Barat dan Jambi.

Baca Juga: Resolusi 2023 : Pejanji Politik dan Bayazid I

Salah satu keturunannya yang terkenal di Indonesia adalah Sultan Muhammad Al-Fatih yang merebut kota Konstantinopel dari Romawi Timur. Kota itu di rubah Al Fatih namanya menjadi Istambul.

Banyak orang tua di Indonesia menamakan anaknya Muhammad Al Fatih, mengambil berkah kehebatan dan keislamannya. Dia seorang Khalifah, Sultan, panglima perang. Tidak tinggal shalat saat mengepung Kota Konstantinopel.

Ngeteh..

Salah satu kebiasaan warga Bursa minum teh. Kedai kedai teh " Cay Evi" bertebaran di sudut sudut kota dan perkampungan.

Paling ramai menjelang shalat Jumat. Dua jam jelang masuk sembahyang, sudah penuh halaman mesjid orang orang tua duduk minum teh. 

Uniknya tidak ada makanan kecil, hanya teh dengan gelasnya yg kecil. Sekali duduk bisa habis tiga atau dua gelas.

Kebiasaan masyarakat Bursa minum teh juga hampir sama dengan masyarakat Turki lainnya. Kecintaan mereka pada teh, terutama jenis teh hitam. Dikonsumsi sepanjang hari, termasuk saat sarapan pagi dan kumpul keluarga di malam hari.

" Minum teh sudah budaya dan juga untuk persahabatan. Tiada hari tanpa teh," jelas Kaya Ali Kaya.

Dapat dikatakan teh telah menjadi minuman yang disukai oleh orang-orang dari berbagai kelas dan latar belakang di Turki.

Bahasa Turki,  teh disebut "çay". kedai teh cay evi. Jenis tehnya, teh hitam ditanam di kawasan Laut Hitam bagian timur, khususnya di Provinsi Rize.( Bersambung)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya