Kembalikan Ekosistem Sungai, Pemprov Jambi Canangkan Gerakan Sungai Batanghari Bersih

| Editor: Mursyid Sonsang
Kembalikan Ekosistem Sungai, Pemprov Jambi Canangkan Gerakan Sungai Batanghari Bersih

INFOJAMBI.COM - Pemerintah Provinsi Jambi melakukan upaya penyelamatan ekosistem air Sungai Batanghari, dengan melakukan pencanangan Gerakan Batanghari Bersih Tahun 2022.

Dalam mendukung Pencanangan tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi melakukan kegiatan penanaman pohon dan membersihkan aliran anak Sungai Batanghari di wilayah Kampung Pulo, Kelurahan Orang Kayo Hitam, Kecamtan Pasar, Kota Jambi.

Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, turun langsung ke aliran Anak Sungai Kampung Pulo untuk menanam pohon dan memberikan bibit pohon gratis bagi warga Kampung Pulo, agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga alam sekitar.

Abdullah Sani menyebut, pencanangan ini dilakukan agar aliran sekitar anak sungai dan Sungai Batanghari, kembali seperti dahulu, yang masih asri dan kebersihan serta kualitas air nya yang bagus.
“lokasi ini hanya sebagai titik awal, untuk percontohan lokasi aliran anak sungai lainnya,” Ujarnya.

Warga juga diminta untuk bisa memilah dan milih sampah rumah tangga yang dibuang. “Warga juga harus bisa memilah mana sampah yang bisa didaur ulang mana yang tidak bisa, agar aliran sungai ini terjaga kebersihannya,” Sambungnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Sri Argunaini, menyebut Kampung Pulo Kota Jambi dipilih sebagai tempat pencanangan, karena aliran anak Sungai Batanghari ini, berada di tengah-tengah pemukiman penduduk, yang berpotensi membawa sampah rumah tangga ke aliran Sungai Batangahari.

“Kegiatan ini edukasi bagi warga, yang selama ini kebanyakan masih membuang sampah di aliran anak sungai. Pada saat air naik, sampah itu akan terbawa mengalir ke aliran Sungai Batanghari,” Ucap mantan Staff ahli Gubernur Jambi ini.

Dipinggiran aliran anak sungai ini, ditanami pohon peneduh Tapang Kencana, serta pohon Salam yang buahnya bisa dijadikan obat herbal.

Penulis : Rifky Hasibuan

Baca Juga: Gubernur Tinjau Peningkatan Kualitas Jalan Pemukiman Kumuh

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya