Kepemimpinan Transformatif Yunsak El Halcon di Bank Jambi

MENARIK ketika tahu bahwa ada orang Jambi yang menerima penghargaan Banker of The Year 2022 dari INFOBANK.

Reporter: NST | Editor: Doddi Irawan
Kepemimpinan Transformatif Yunsak El Halcon di Bank Jambi
Noviardi Ferzi

Oleh : Dr. Noviardi Ferzi

MENARIK ketika tahu bahwa ada orang Jambi yang menerima penghargaan Banker of The Year 2022 dari INFOBANK. Penghargaan yang diperoleh seorang anak Jambi Seberang dan Tebo.

Hebatnya, ini kali kedua, Direktur Utama Bank Jambi, Dr H Yunsak El Halcon SH M.Si menerima penghargaan serupa di tahun 2021 sebagai salah satu bankir terbaik Indonesia. 

Penghargaan ini sangat bergengsi dan berkelas, mengingat Majalah Infobank punya reputasi tinggi menggelar Top 100 CEO & The Next Leaders Forum 2022, Rabu, 23 November 2022. Sebuah apresiasi tertinggi atas kinerja dunia perbankan di tanah air.

Baca Juga: Zola Ingatkan Pengelola Bank Jambi Tidak Cepat Puas

Ketika Bang El mendapat penghargaan ini, Jambi patut berbangga. Bangga karena Bang El itu produk asli dari semua sisi kualitas lokal kita  yang tinggal di Jambi. 

Bukan hanya ia asli Jambi, tapi alumni FH Unja itu produk Bank Jambi dari awal karirnya hingga mampu mencapai direktur utama. Sosok yang sukses membawa perubahan di bank milik pemerintah daerah Jambi.

Yunsak El Halcon terlahir dari keluarga pamong yang mendunia berkat kepemimpinan transformatifnya di dunia perbankan, membawa Bank Jambi responsif akan berbagai perubahan dan mampu mencatat kinerja keuangan yang mengesankan.

Satu contoh, tahun ini PT Bank Pembangunan Daerah Jambi (Bank Jambi) mencatatkan laba bersih sebesar Rp.230,04 miliar pada semester I/2022, atau tumbuh 37,27 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pencapaian laba ini melebihi target laba yang ditetapkan perusahaan sebesar Rp.215 miliar. Sejalan dengan pertumbuhan laba yang dibukukan, aset Bank Jambi juga tumbuh 0,74 persen pada kuartal II/2022 menjadi Rp13,37 triliun.

Bicara kepemimpinan, Bang El merupakan perpaduan kerja keras, bakat, konsistensi dan faktor keturunan. Sejak tahun 1991 El muda serius menekuni profesi banker dengan sepenuh hati, padahal saat itu banyak peluang kerja lain yang bisa ia masuki, bahkan lebih menjanjikan dari sisi finansial. 

Namun El tak goyah, ia mencintai pekerjaan sebagai banker dengan sepenuh hati, jabatan demi jabatan mampu ia kerjakan dengan penuh prestasi.

Selain itu El juga rajin melanjutkan jenjang pendidikan sampai level S3, sehingga dari sisi kualitas keilmuan dan praktek ia amat mumpuni sehingga berhasil membuat banyak perubahan.

Kualitas kepemimpinan Yunsak El Halcon bisa dilacak dari garis keturunannya. El adalah cicit Demang Malik, cucu Wedana Ishak. 
Ayahnya seorang pamong, Almarhum H Zaihifni Ishak atau lebih dikenal sebagai Pak Uyun. 

Bang El juga merupakan keponakan mantan Walikota Jambi, H Zainir Haviz. Selain itu, salah seorang pamannya, pernah menjabat Dirut Bank Jambi, Almarhum Zainul Gafar. Lalu pamannya, H Zainul Imronm merupakan mantan Bupati Sarko.

Selain itu, sang ibu, almarhum Hajjah Zuraida Hasan, juga merupakan cicit Demang Malik, cucu dari H Hasan Klerek keponakan mantan Gubernur Jambi, almarhum H Abdurahman Sayuti.

Kembali pada penghargaan yang diraih Yunsak El Halcon, membuktikan satu hal bahwa ia adalah yang terbaik, karena telah dinilai berkontribusi bagi perusahaan dalam berkinerja baik, berpengalaman dan berprestasi. ***

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya