Malam Keagungan Melayu Jambi Melestarikan Adat Budaya Nenek Moyang

| Editor: Doddi Irawan
Malam Keagungan Melayu Jambi Melestarikan Adat Budaya Nenek Moyang
Malam Keagungan Melayu Jambi (foto : fadli)



INFOJAMBI.COM - Memperingati Hari Jadi ke-65 Provinsi Jambi, digelar acara Malam Keagungan Melayu Jambi, di Ratu Convention Centre (RCC), Kota Jambi, Kamis (6/1/2022) malam.

Acara ini dihadiri Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kementerian Dalam Negeri La Ode Achmad P Balombo, Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Abdullah Sani, dan para ketua lembaga adat di Jambi.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Sri Purnama Syam menyebutkan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun pada saat peringatan HUT Provinsi Jambi.

“Ini bentuk penghargaan pada budaya kita. Tahun ini tiga budaya Provinsi Jambi ditetapkan pemerintah pusat sebagai warisan budaya tak benda Indonesia,” ujar Sri.

Pagelaran Malam Keagungan Melayu Jambi didukung oleh 80 putra-putri Jambi dari 19 komunitas di beberapa desa dan kabupaten. Dalam panggung ini dilakukan pewarisan secara aksi antara generasi tua ke generasi muda.

Acara juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada tiga maestro tahun 2022, yakni penghargaan warisan budaya tak benda, desa wisata simbol kebangkitan ekonomi nasional, dan lomba melukis Sungai Batanghari.

Penghargaan diserahkan Gubernur Jambi, Al Haris, kepada para nominator. Al Haris juga menyampaikan orasi budaya di hadapan para hadirin.

“Semua ini dilakukan agar kita tidak melupakan adat budaya, dan seni yang dibangun nenek moyang kita dulu. Kemajuan zaman dan ilmu pengetahuan bisa membuat lupa pada tradisi nenek moyang,” kata Al Haris.

Acara ditutup dengan pagelaran seni bertema “adat dijunjung, budaya disanjung”.

Penulis : Achmad Fadli | Editor : Dodik

Baca Juga: HUT ke-60 Provinsi Jambi Dibuat Lebih Merakyat

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya