Pengda JMSI Jambi Dilantik, Doddi Irawan : Tidak Utamakan Kuantitas...

Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Jambi dilantik di Hotel Grand Abadi

Reporter: Tim Liputan | Editor: Izwan Sholimin
Pengda JMSI Jambi Dilantik, Doddi Irawan : Tidak Utamakan Kuantitas...
Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa, menyerahkan pataka | foto : tim jmsi

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia ( JMSI) Provinsi Jambi dilantik di Hotel Grand Abadi, Kota Jambi, Sabtu, 23 Juli 2022.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa, dihadiri Staf Ahli Gubernur Jambi DR Doni Iskandar, Asisten III Walikota Jambi DR Jaelani, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timru Robby Nahliansyah, anggota DPR RI H Bakri, serta tokoh masyarakat Jambi Usman Ermulan.

Ketua KPK RI, Firli Bahuri turut menyampaikan sambutan melalui virtual. Firli memang selama ini concern pada perkembangan media massa di tanah air.

"Hari ini, untuk kesekian kalinya, JMSI mengibarkan bendera semangat untuk mengabdi kepada rakyat, bangsa, dan negara," ujar Firli.

Firli menyinggung cita-cita para pendiri JMSI untuk menggelorakan semangat menyebarluaskan kreativitas, dedikasi, dan pemikiran dalam rangka kemajuan bangsa negara.

"Kami dari KPK sungguh menyambut baik peran dan andil besar yang telah diberikan oleh anak bangsa yang tergabung dalam JMSI, dari Sabang sampai Merauke," tegasnya.

Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa menyampaikan, JMSI hadir untuk menjamin kemerdekaan pers. Perusahaan media siber harus dapat menjadi perusahaan yang memiliki etika kerja yang benar.

Menurut Teguh, perusahaan pers harus dapat menjadi sandaran hidup karyawannya, dengan menjalani prinsip-prinsip bisnis yang baik bagi perusahaannya.

"Perusahaan media siber mesti memiliki wartawan yang profesional, yang mengikuti aturan main dan etika jurnalistik, yang menghargai fakta dan tidak terjebak dalam ujaran kebencian," tuturnya.

Ketua Pengda JMSI Provinsi Jambi, Doddi Irawan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah membantu mensukseskan acara pelantikan ini.

Doddi sedikit menceritakan sejarah terbentuknya JMSI di Jambi. JMSI di Jambi berdiri pada tanggal 16 Januari 2020. Awalnya hanya ada 10 pemilik media online dan hanya 1 yang terverifikasi Dewan Pers.

Sejalan waktu, jumlah anggota dan calon anggota JMSI di Jambi terus bertambah. Bahkan, hingga awal 2022, jumlahnya mencapai 60-an media. Namun, kuantitas bagi JMSI bukanlah tujuan utama. 

Pengda JMSI Jambi betul-betul menyeleksi calon anggota yang ingin bergabung. Akhirnya, akhir Juni lalu, ditetapkan hanya 43 media yang memenuhi persyaratan menjadi anggota JMSI.

Doddi berharap kedepannya JMSI menjadi organisasi yang mampu membawa media-media siber di Jambi menjadi perusahaan pers yang sehat, profesional, dan bermartabat. 

“Kami juga akan mengawal pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, melalui karya-karya jurnalistik yang kritis," tegasnya. ***

Baca Juga: Jaringan Media Siber Indonesia Dideklarasikan, Kemenkominfo Beri Apresiasi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya