Pilgub Jambi 2024 : Manuver Romi, Apa Dampaknya Bagi PAN ?

Manuver Romi, Apa Dampaknya Bagi PAN

Reporter: willi bronson | Editor: Doddi Irawan
Pilgub Jambi 2024 : Manuver Romi, Apa Dampaknya Bagi PAN ?
Romi Hariyanto

MUARASABAK, INFOJAMBI.COM - Tiga bulan terakhir manuver politik Romi Hariyanto cukup gencar. Harus diakui, pergerakan Bupati Tanjung Jabung Timur itu menggetarkan perpolitikan Jambi. Terutama kaitan isu pemilihan gubernur 2024.
 
Gencarnya Romi berkeliling sejumlah kabupaten dan kota, tentu berdampak pula pada Partai Amanat Nasional (PAN). Partai tempatnya bernaung. 

Bisa menguntungkan PAN, karena dianggap sebagai inisiatif Romi mendukung konsolidasi partai jelang pemilu legislatif 2024. Apalagi, dalam setiap kunjungannya, Romi pasti melibatkan pengurus PAN setempat. 
 
Namun, tentu bisa pula justru membuat dilema PAN. Pasalnya, sulit dibantah, agenda utama Romi sebetulnya Pilgub Jambi. Fakta bahwa calon rivalnya, Al Haris, Gubernur Jambi saat ini, adalah juga kader PAN. Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPW PAN Jambi.
 
Bukan rahasia lagi, hubungan Romi dengan Al Haris sedang tidak akur. Pergerakan Romi tiga bulan terakhir adalah penegasan soal keretakan hubungan itu. Padahal dalam Pilgub Jambi 2020 silam keduanya adalah rekan seiring. 

Perkawanan itu pecah tatkala Romi menyampaikan kritik terbukanya soal porsi anggaran pemprov yang digelontorkan ke daerah. Romi merasa Tanjabtim dianaktirikan. 

Puncaknya, porsi rehabilitasi jalan Siau, Muara Sabak Timur. Ruas jalan Provinsi Jambi yang menghubungkan ibukota kabupaten dengan sejumlah kecamatan. 

Romi kesal lantaran saat kampanye pilgub lalu, dia berjanji kepada masyarakat bahwa jalan itu jadi prioritas seandainya Al Haris terpilih. Al Haris ada di lokasi saat janji itu diucapkan Romi. 
 
Sejumlah agenda provinsi di Tanjabtim juga minus Gubernur Al Haris sejak kritik terbuka itu. 
 
Pergerakan Romi bersafari, sejauh ini disambut cukup positif. Bukan hanya tokoh masyarakat yang ditemui. Pun pengurus partai. Bukan hanya PAN. 

Di Sarolangun, Romi disambut hangat jajaran DPD Golkar. Rumah Tontawi Jauhari, Ketua DPD Golkar sekaligus Ketua DPRD Sarolangun itu penuh sesak menyambut Romi. 

Sebelumnya Romi juga disambut Mashuri, Bupati Bungo. Mashuri juga Ketua Demokrat Provinsi Jambi. 

Bagi kader PAN di daerah, kehadiran Romi memberi semangat baru bagi mereka menghadapi Pileg 2024. 

“Ini bentuk nyata motivasi bagi kami, semangat kader membara,’’ kata Hafiz Fattah, Ketua DPD PAN Batanghari saat Romi hadir di acara halal bihalal, di Rumah PAN Muara Bulian, 26 Mei 2022. 

Hafiz bahkan lantang menyuarakan siap mendukung Romi di Pilgub Jambi 2024.
 
Lantas bagaimana sikap PAN ? Ketua DPW PAN Jambi, H Bakri menegaskan, PAN masih bersama Al Haris. Mengutip pernyataan Bakri di sejumlah media, Bakri membantah perpecahan PAN Jambi. 

“Ndak, ndak ada apa-apa, gubernur dan Bupati Tanjab Timur tidak ada masalah ya. Kalaupun ada riak-riak kecil masyarakat aja yang menilainya ya,” kata anggota DPR RI ini, Rabu 29 Juni lalu.

Bakri tak mempersoalkan isu Romi berniat maju pada Pilgub mendatang. Menurutnya, hal itu wajar dan normal saja. 

“Saya pikir sah-sah saja tetapi terlalu dini untuk membicarakan itu,” kata Bakri.

Sempat berpolemik, tetapi pergerakan Romi kelihatannya masih konsisten. Sejumlah agenda ke daerah bahkan sudah tersusun. Jika sebelumnya Romi merambah wilayah barat Jambi, agenda kedepan Romi akan menyisir wilayah tengah dan Timur Jambi. Romi tak membantah soal rencana ini. 

“Insya Allah, saya juga ingin bersilaturahmi dengan sahabat-sahabat yang lama tak ketemu,” jelasnya di Muara Sabak, Kamis (28/7). 

Romi menyebut bahwa agenda utamanya tetap konsolidasi partai jelang pemilu. Rekannya sesama ketua DPD PAN meminta Romi memberi motivasi kepada jajaran pengurus dan kader. 

Bukan tanpa alasan. Romi adalah satu-satunya ketua DPD PAN yang berhasil menempatkan kadernya mayoritas di kursi DPRD setempat. Lebih separuh kursi legislatif Tanjabtim dikuasai PAN. 

Ketum PAN Zulkifli Hasan sangat bangga dengan raihan PAN Tanjabtim. Dia bahkan sampai mengupload cerita sukses PAN Tanjabtim itu di media sosialnya usai pileg 2019 lalu.  

“Kalkulasi politik Romi ini jago. Bayangkan saja, dia berani maju jalur perseorangan di pilkada 2020, padahal dia pemegang kendali partai terbesar di sana,” kata Suhatmeri, MPP PAN Kabupaten Tanjung Jabung Barat. ***

Baca Juga: PAN Hormati Keputusan Partai Golkar

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya