Ramaikan Hari Sungai Nasional, Peserta Temu Teman Tanam Pohon dan Bersihkan Sungai

Ramaikan Hari Sungai Nasional, Peserta Temu Teman Tanam Pohon dan Bersihkan Sungai

Reporter: Ahmad Muzir | Editor: Doddi Irawan
Ramaikan Hari Sungai Nasional, Peserta Temu Teman Tanam Pohon dan Bersihkan Sungai
Mahasiswa se-Indonesia ikut membersihkan Sungai Batanghari | foto : rifky

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Hari-hari terakhir Temu Teater Mahasiswa Nusantara (Teman) ke-XIX di Jambi, berkolaborasi dengan Dinas PUPR Provinsi Jambi, diisi dengan kegiatan tanam pohon, di Candi Kedaton, Muaro Jambi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Rabu, 27 Juli 2022. Selain itu dilakukan pula bersih-bersih Sungai Batanghari, di Pelabuhan Angso Duo, Kota Jambi.

Acara bersih-bersih Sungai Batanghari diikuti seluruh peserta Temu Teman 2022, guna memperingati Hari Air Dunia ke-30 dan Hari Sungai Nasional ke-11.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Yazzer Arafat ST MT mengatakan, kegiatan bertujuan meningkatkan kesadaran kepada peserta dan masyarakat Jambi.

Yazzer menyebutkan, air sangat penting sebagai salah satu sumber daya yang sangat menunjang kehidupan semua makhluk hidup.

"Tujuan aksi bersih-bersih sungai, sebagai salah satu sumber air, adalah menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga dan dilestarikan," katanya.

Yazzer menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya memotivasi dan menumbuhkan kembali kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, khususnya sungai sebagai sumber air.

"Sungai yang bersih dan bebas dari sampah diharap dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas air, khususnya di sepanjang bantaran sungai," bebernya.

Untuk diketahui, Gerakan Sungai Batanghari Bersih telah dicanangkan oleh Gubernur Jambi, Al Haris, di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi, 9 Maret 2022.

Di sela-sela bersih-bersih sungai, para mahasiswa seni tersebut juga melakukan pertunjukan teatrikal, berisi himbauan pentingnya kebersihan air sungai bagi kehidupan manusia. ***

Baca Juga: Pemprov Jambi Ingin Tingkatkan Sinergi dengan Kepolisian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya