Tarian Ayun Luci, Kerinci Akan Semarakkan Festival Budaya Melayu Jambi di Taman Mini

Tarian Ayun Luci, Kerinci Akan Semarakkan Festival Budaya Melayu Jambi di Taman Mini

Reporter: PM | Editor: Mursyid Sonsang
Tarian Ayun Luci, Kerinci Akan Semarakkan Festival Budaya Melayu Jambi di Taman Mini
Ketua LAM Perwakilan Khusus DKI Jakarta, Zainal Abidin Is.|| Foto : Ist

JAKARTA, INFOJAMBI.COM - Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Perwakilan DKI Jakarta dan Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi, Minggu (11/12) akan menggelar Festival Budaya Melayu Jambi di Anjungan Jambi TMII Jakarta.

" Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut HUT Provinsi Jambi ke 66 tahun pada 6 Januari 2023 mendatang dan mempromosikan budaya melayu Jambi di tingkat nasional,"  ujar Ketua LAM Perwakilan Khusus DKI Jakarta, Zainal Abidin Is.

Dijelaskan Zainal, dalam festival ini akan ditampilkan beberapa tarian daerah Jambi, penampilan silat, kompangan, fashion show hingga talk show. 

Salah satu tarian yang ditampilkan tari Ayun Luci dari Kerinci. Tarian ini  sakral yang menggambarkan penduduk setempat memohon kepada Allah SWT agar panen padi mereka berhasil dan tidak ada halangan apapun juga.

Baca Juga: HBA : Saya Tidak Maju Gubernur Lagi

Selain itu ditampilkan silat kemenyan, kompangan ala Seberang Kota Jambi,  fashion show batik khas Jambi, cara pemasangan Tekuluk dan lainnya.

" Para pemainnya adalah anak anak Jambi yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya," jelas Zainal putra kelahiran Desa Senaung, Kabupaten Muaro Jambi ini 

Kegiatan akan menjadi agenda rutin tiap tahunnya. Tahun 2023 mendatang akan adakan di Monas atau di Sarinah. Agar bisa disaksikan ribuan orang terutama warga bukan Jambi.

Gubernur Jambi Al Haris direncanakan akan membuka festival ini dan juga diundang Jaksa Agung RI, Mendagri, Wakabin, Jampidsus dan Kajati Sumsel, Datuk Hasan Basri Agus Datuk Temenggung Putro Jayodiningrat Ketua Umum LAM Jambi Provinsi Jambi beserta Sekjen LAM Jambi Datuk Ir. Haviz Husaini. *****

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya