Duar.. Duar! Jantung Warga Jambi Mau Copot, Indonesia Babak Belur Dihajar Thailand

| Editor: Ramadhani
Duar.. Duar! Jantung Warga Jambi Mau Copot, Indonesia Babak Belur Dihajar Thailand
Pertandingan berlangsung di Stadion National. (Ist)



INFOJAMBI.COM - Timnas Indonesia menelan kekalahan melawan Thailand pada laga leg pertama final Piala AFF 2020.

Pertandingan berlangsung di Stadion National, Singapura pada Rabu malam (29/12/2021). Indonesia kalah telak dengan skor 0-4.

Pada laga leg pertama final Piala AFF 2020, Shin Tae-yong melakukan dua perubahan dengan memasukkan Edo Febriansyah.

Perubahan ini dilakukan lantaran Pratama Arhan terkena akumulasi kartu kuning kedua.

Absennya Pratama Arhan justru dimanfaatkan Thailand. Pasalnya, gol pertama berawal dari penetrasi yang dilakukan Philip Poller di sisi kiri pertahanan skuad Garuda.

Pemain berambut pirang itu lantas menerobos jantung pertahanan Indonesia sebelum akhirnya mengirimkan umpan datar yang mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Chanathip Songkrasin. Gawang Nadeo pun bergetar di menit kedua.

Timnas Indonesia mencoba merespon gol cepat Thailand. Tapi justru semakin sulit untuk keluar dari tekanan.

Satu-satunya peluang emas Timnas Indonesia terjadi di menit 41. Sayangnya, umpan Ricky Kambuaya dari sisi kanan pertahanan Thailand gagal dimaksimalkan dengan sempurna oleh Alfeandra Dewangga.

Tendangan Dewangga melambung di atas mistar gawang Sirawak Tedsungnoen. Skor 0-1 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga interval pertama usai.

Babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan tiga pemain sekaligus, Evan Dimas menggantikan Edo, Kadek Agung (Rahmat Irianto), dan Elkan Baggott (Fachrudin Aryanto).

Sayangnya, ketiga pemain itu masih belum memberikan permainan yang menghibur.

Thailand cetak gol kedua di menit ke-52. Dari situasi serangan balik, Supachok menggiring bola sampai ke kotak penalti dan mengontrolnya dengan baik.

Lalu mengoper ke belakang ke Chanathip Songkrasin. Tanpa cela, Chanathip menyepak bola mengoyak gawang Indonesia.

Di menit 62, Shin Tae-yong memasukkan Egy Maulana Vikri menggantikan Ricky Kambuaya. Tapi selang empat menit kemudian, Thailand justru mencetak gol ketiganya.

Aksi Supachok Sarachat mencatatkan namanya di papan skor. Philip Roller mengirim umpan silang ke depan kotak penalti dan disambut tembakan keras Supachok. .

Jual beli serangan terjadi di sisa waktu pertandingan. Namun Thailand justru kembali memperbesar keunggulan menjadi 0-4 melalui aksi Bordin Phala di menit ke-83.

Melalui umpan terobosan dari Worachit, yang kemudian dengan tenang menaklukkan Nadeo.

Hingga peluit panjang dibunyikan skor 0-4 untuk kemenangan Thailand tak berubah.

Timnas Indonesia masih punya peluang untuk mengejar defisit empat gol di leg kedua final Piala AFF 2020 pada 1 Januari 2022 mendatang.

"Jantung saya rasa mau copot dengan serangan bertubi-tubi pemain Thailand," kata warga Kota Jambi, Om Joko yang menyaksikan laga tersebut melalui live streaming.

Editor: Rahmad

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya