Fadhil Sebut Sosialisasi Pencegahan Radikalisme dan Terorisme Perlu Dilakukan

Bupati Batanghari M Fadhil Arief menghadiri kegiatan pelibatan pemuda dalam pencegahan radikalisme dan terorisme

Reporter: Devi Safitry | Editor: Doddi Irawan
Fadhil Sebut Sosialisasi Pencegahan Radikalisme dan Terorisme Perlu Dilakukan
Fadhil Arief hadiri FKPT di IAI Nusantara Batanghari.

BATANGHARI, INFOJAMBI.COM - Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menghadiri kegiatan pelibatan pemuda dalam pencegahan radikalisme dan terorisme dengan pitur kebangsaan yang diadakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jambi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Kabupaten Batanghari.

Turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Batanghari, Kadis Kominfo, Kadis Pendidikan, Kakan Kesbangpol, Kasubbit Radikalisasi dalam Lapas BNPT, Ketua FKPT Propinsi Jambi, unsur akademisi dan mahasiswa-mahasiswi Kampus IAIN Batanghari dan para tamu undangan lainnya.

Ketua FKPT Provinsi Jambi As’ad Isma usai kegiatan mengatakan, berkat kerjasama dengan BNPT, IAI N Batanghari serta Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Batanghari kegiatan pembukaan acara pelibatan pemuda dalam rangka pelopor moderasi dan penjagaan radikalisme terlaksana dengan sukses.

"Kita yakin dengan keterlibatan perguruan tinggi kemudian pemda, apalagi tadi kita senang, BNPT senang akan kita laporkan ke Jakarta. Pak Bupati merespon, akan membuka FKPT di Kabupaten Batanghari yang tentunya ada instrumen ikut mengelola dan merespon tentang isu-isu radikalisme di Batanghari itu yang kita senang dan luar biasa, dan ini menjadi apresiasi positif dari FKPT dan BNPT RI terhadap kampus dan Pemda Batanghari," katanya.

"Ia berharap anak-anak muda dari pelajar, Pramuka, OSIS, OKP menjadi pelopor mengembangkan sikap toleran dan moderasi di Kabupaten Batanghari,"tambahnya.

Dalam sambutannya Fadhil Arief mengatakan IAI Nusantara Batanghari ini merupakan salah satu instrumen untuk meningkatkan Sumber Daya Alam (SDM).

"Kita harapkan anak-anak kita, adik-adik kita bisa menjadi orang berkualitas dan kompetitif dikemudian hari,"ujarnya, Jum'at (19/8/2022).

Ia menjelaskan, kegiatan sosialisasi pencegahan tentang radikalisme dan terorisme di Kabupaten Batanghari perlu dilaksanakan.

"Kita takut anak-anak muda dirasuki dengan paham-paham begini, yang akan merusak sendi-sendi kehidupan nantinya. Dan dari situ kita sepakat, diskusi dengan kawan-kawan tadi kita perlu buat forum ini sehingga nanti semua stakeholder bergerak bersama untuk mencegah timbulnya paham-paham radikalisme terorisme diseluruh wilayah Kabupaten Batanghari, katanya.

“Karena saya yakin radikal terorisme itu muncul dari kebencian, dan kebencian itu gampang disulut sekarang dengan kontraksi ekonomi dengan gini ratio yang belum begitu baik virus-virus ini akan mudah disebarkan ditengah masyarakat Kabupaten Batanghari," tambahnya.

Baca Juga: Bupati Fadhil: Keadilan Semua Aspek Kehidupan Perlu

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya