Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo Terima Pin dari LAM Jambi

Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, menerima pin dan keris dari LAM Jambi

Reporter: Andra Rawas | Editor: Doddi Irawan
Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo Terima Pin dari LAM Jambi
Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, menerima pin dan keris dari LAM Jambi | foto : andra rawas

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi menyematkan pin Adat Melayu, sebagai tanda kehormatan kepada Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo.

Penyematan pin dilakukan pada puncak peringatan Hari Adat Melayu Jambi, di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu, 2 Juli 2022.

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto menyampaikan ucapan terima kasih dari Kapolda Jambi kepada Lembaga Adat Melayu Jambi yang telah memberikan penghargaan pin tersebut.

Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi sebelumnya menandatangani MOU kerja sama restorative justice, berkolaborasi dengan Kejaksaan Tinggi Jambi, Polda Jambi dan Korem 042 Gapu.

Kerja sama itu dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah di tengah-tengah masyarakat, supaya tercipta keadilan melalui mekanisme adat, tanpa perlu lagi diproses di kepolisian dan kejaksaan.

"Hukum dan adat itu sejalan. Hukum terbentuk juga berdasarkan adat dan istiadat yang tumbuh dan berkembang di masyarakat,” kata Mulia.

Mulia menjelaskan, Provinsi Jambi memiliki adat Melayu Jambi yang mempunyai nilai, budaya, norma, hukum, dan aturan saling berkaitan menjadi suatu sistem yang mengatur kehidupan masyarakat Jambi.

“Karena itu kita harus saling menjaga," ucap Mulia.

Pada acara penyematan pin juga dilakukan pembacaan Janji Setih Setio Adat Melayu Jambi, penyerahan sertifikat surat inventarisasi kekayaan intelektual komunal ekspresi budaya tradisional dari Kakanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi, serta penyerahan hadiah lomba.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum LAM Jambi Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus gelar Temenggung Putro Jayodiningrat, Gubernur Jambi  Al Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Wakil Gubernur Jambi Abdulah Sani, dan forkopimda, serta pengurus LAM Jambi tingkat kabupaten/kota. ***

Baca Juga: Yazid Fanani ke BIN, Ini Kapolda Jambi yang Baru...

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya