LAM Jambi Siap Bekerja Sama dengan Bawaslu

Bawaslu Provinsi Jambi menggelar pertemuan dengan pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi Provinsi Jambi

Reporter: Tim Liputan | Editor: Doddi Irawan
LAM Jambi Siap Bekerja Sama dengan Bawaslu
Pertemuan LAM Jambi dengan Bawaslu Provinsi Jambi | foto : dok

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar pertemuan dengan pengurus Lembaga Adat Melayu ( LAM) Jambi Provinsi Jambi, Kamis 29 September 2022.

Pertemuan berlangsung di Gedung LAM Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, dihadiri Ketua LAM Jambi, Hasan Basri Agus, dan pengurus lainnya.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Provinsi Jambi, Fahrul Rozi menyebutkan, pertemuan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan pengurus LAM Jambi.

Selain itu, juga untuk membangun kerja sama dalam menyikapi penyelenggaraan Pemilu 2024, dan pengembangan pengawasan partisipatif, serta upaya pencegahan praktik politik uang.

Bawaslu Provinsi Jambi mengajak LAM bersama-sama melakukan pengawasan partisipatif, termasuk mensosialisasikan pencegahan politik uang. 

“Kami berharap ada aturan yang dikeluarkan oleh LAM Jambi terkait politik uang, yang secara hukum agama dan hukum positif dilarang,” kata Fahrul Rozi.

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Provinsi Jambi, Ari Juniarman menjelaskan, politik uang masih menjadi momok dalam pelaksanaan pemilu maupun pemilihan kepala daerah. 

“Kami berdiskusi membahas fenomena politik uang yang mencederai demokrasi. Dari pertemuan ini diharapkan ada langkah-langkah strategis dalam meminimalisir praktik politik uang,” kata mantan Ketua Bawaslu Kota Jambi ini.

Ari berharap terbangun kerja sama antara Bawaslu dan LAM Jambi. Dengan begitu dapat bersama-sama mensosialisasikan himbauan dan aturan ke seluruh negeri Jambi terkait politik uang.

Ketua LAM Jambi Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus Temenggung Putro Joyodiningrat menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan Bawaslu Provinsi Jambi.

Anggota DPR RI Dapil Jambi ini berharap LAM Jambi ikut berperan dan membantu suksesnya pemilu mendatang. LAM Jambi siap membuat MoU dengan Bawaslu, untuk kemudian ditindaklanjuti di lapangan. ***

Baca Juga: Ketua Bawaslu Pusat Dilaporkan ke DKPP dan Bareskrim Polri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya