Melihat Upaya Pemprov Jambi Mengatasi Banjir, Dari Normalisasi Sungai Hingga Jalin Kerja Sama dengan Jepang

Pemerintah Provinsi Jambi ikut berupaya mengurangi dampak banjir di Kota Jambi dan sekitarnya.

Reporter: Dora | Editor: Doddi Irawan
Melihat Upaya Pemprov Jambi Mengatasi Banjir, Dari Normalisasi Sungai Hingga Jalin Kerja Sama dengan Jepang
Penggalian sedimentasi sungai dalam mengatasi problem banjir di Kota Jambi | foto : farpin

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Pemerintah Provinsi Jambi ikut berupaya mengurangi dampak banjir di Kota Jambi dan sekitarnya. 

Gubernur Jambi, Al Haris, memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi mencari solusi terbaik.

Melalui Bidang Sumber Daya Air, Dinas PUPR Provinsi Jambi bersama anggota DPRD Provinsi Jambi, Rusdi dan Ivan Wirata, serta Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV melakukan penelusuran (walk through).

Hasil penelusuran itu, ditemukan spot-spot langganan banjir di Kota Jambi. Untuk mengatasinya, Bidang SDA Dinas PUPR Provinsi Jambi menganggarkan dana penanganan banjir di empat titik.

Baca Juga: Haris - Khafid Semarakkan Puncak HKN ke-52

Keempat titik itu berada di Perumahan Kota Baru Indah dan Namura Indah, Sungai Pangeran Hidayat di Jalan Zaidi Saleh, Sungai Asam dari Jalan Kemang hingga Jalan Gajah Mada, dan Sungai Jalan Lingkar Selatan Pasar 46 Payo Selincah.

Penanganan banjir dilakukan dengan cara normalisasi sungai yang telah menyempit. Selain itu melakukan penggalian sedimentasi di sepanjang aliran sungai, agar daya tampung sungai jadi besar, sehingga mengurangi luas dan lama genangan air.

Untuk penanganan di Perumahan Kota Baru Indah dan Namura Indah, Dinas PUPR Provinsi Jambi menggandeng TNI dan warga sekitar. Normalisasi sungai dilakukan dengan alat berat dan gotong royong.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Lanjut ke halaman berikutnya

Berita Terkait

Berita Lainnya