Romi - Mashuri - Adirozal Bertemu, Poros Lima Bupati Eksis Kembali ?

Pasca pembukaan MTQ ke-51 Tingkat Provinsi Jambi di Kota Sungaipenuh, Senin 31 Oktober 2022, beberapa kepala daerah langsung pulang. Tak terkecuali Gubernur Jambi, Al Haris.

Reporter: Willy | Editor: Doddi Irawan
Romi - Mashuri - Adirozal Bertemu, Poros Lima Bupati Eksis Kembali ?
Romi Hariyanto bersama Adirozal dan Mashuri | foto : willy

KERINCI, INFOJAMBI.COM - Pasca pembukaan MTQ ke-51 Tingkat Provinsi Jambi di Kota Sungaipenuh, Senin 31 Oktober 2022, beberapa kepala daerah langsung pulang. Tak terkecuali Gubernur Jambi, Al Haris. Namun tidak dengan Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Hariyanto, dan Bupati Bungo, Mashuri

Keduanya bertahan di Sungaipenuh hingga 1 November 2022. Rupanya mereka sudah janjian. Janji bersilaturahmi dengan rekannya sesama anggota Poros Lima Bupati yang dahulu populer saat Pilgub Jambi 2020. 

Adalah Adirozal, Bupati Kerinci, yang menjamu Romi dan Mashuri. Adirozal sengaja mengundang dua rekannya itu sarapan di rumah dinasnya, di Bukit Sungailangit. 

Pertemuan terlihat akrab. Sarapan lontong lengkap beserta Kopi Kerinci dengan seduhan gula aren dan susu cair yang khas, menambah hangat suasana. 

Tampak pula sejumlah jurnalis di meja berbeda, masih di ruang tamu sederhana itu. Pembicaraan tampak lepas. Tak pelak topik seputar politik mendominasi. Adirozal yang membuka. 

“Sebagai kakak, saya berharap adik saya berdua ini dimudahkan segala urusannya, diijabah segala doanya, saya sebagai senior insyaallah akan mendukung penuh,” kata Adirozal sambil menoleh ke meja rombongan jurnalis. 

Bupati dua periode itu seakan ingin menyiratkan bahwa tidak ada pembicaraan yang mesti dirahasiakan. Kehadiran jurnalis memang dalam rangka wawancara dengan Adirozal. Mereka kebetulan meliput hajatan MTQ di Sungaipenuh yang hanya sepelemparan batu dari Kerinci. 

Mashuri turut pula menimpali ucapan Adirozal. Bupati Bungo itu seperti ingin meyakinkan bahwa ucapan Adirozal adalah komitmen bersama. 

“Kalau memang ini rezeki dindo, tentu kami siap membantu,” kata Mashuri kepada Romi Hariyanto yang duduk di hadapannya. 

Romi diketahui sedang bersiap ikut Pilgub Jambi 2024. Bupati Tanjabtim itu bagian dari Poros Lima Bupati yang pada 2020 ikut mengantarkan Al Haris menjadi Gubernur Jambi. 

Al Haris yang kala itu Bupati Merangin adalah salah satu anggota poros, selain Bupati Muarojambi, Masnah Busro, yang kini purna tugas. 

Apakah Poros Lima Bupati masih eksis minus Al Haris ? Sebelum pamit pada tuan rumah, Romi menjelaskan bahwa komunikasi mereka sejauh ini masih tetap baik. 

“Poros Lima Bupati tidak pernah bubar. Silaturahmi masih tetap baik, saya bersyukur abang-abang saya masih berkomitmen saling membantu,” ujar politisi PAN itu. 

Jika Romi - Adirozal - Mashuri kembali menjadi satu poros, tak dapat dipungkiri cukup menjadi kekuatan besar bagi Romi. Apalagi pasca Masnah Busro tidak lagi menjabat, Bambang Bayu Suseno (BBS) diyakini siap bergabung mendukung Romi. 

BBS dahulu wabup Masnah. Ia kini aktif di DPW PAN Jambi, rekan separtai Romi. BBS diketahui sedang pula bersiap maju di Pilbup Muarojambi 2024. 

Soal Pilgub Jambi 2024, Romi optimis memenangkannya. “Optimis, sejauh ini upaya-upaya yang dilakukan tim sudah berjalan baik, dukungan para senior kami tentu makin menambah optimisme itu,” ujar Romi. ***

 

Baca Juga: Haris - Khafid Semarakkan Puncak HKN ke-52

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya