Teater Tonggak Terus Memupuk Kepedulian

| Editor: Doddi Irawan
Teater Tonggak Terus Memupuk Kepedulian



INFOJAMBI.COM - April 2022, Teater Tonggak memasuki usia ke-23, menggali, mengembang, lestari jatidiri dalam kancah dunia perteateran di Jambi.

Teater tonggak tidak berhenti berkarya dan berkreatifitas, dengan riset di lingkungan masyarakat yang juga terus dilakukan.

Tidak hanya itu, Teater Tonggak merasa peduli dan terus berupaya memupuk kepedulian semua pihak akan kehidupan remaja di masa serba teknologi ini.

"Ekspresi daya kerja Teater Tonggak berusaha secara kontinyu menggali potensi lokal dan regional di bidang seni budaya, sosial, dan kemasyarakatan, diaplikasikan dalam bentuk kerja teater dan terus menggali," jelas Hendry Nursal, Sekretaris Teater Tonggak, Sabtu, 16/4/2022).

Teater Tonggak merupakan sebuah komunitas seni pertunjukan yang didirikan pada 30 April 1999 di Kota Jambi, diprakarsai oleh Didin Siroz, Ahmad Rodhi, Nanang Sunarya, Mg Alloy, Ide Bagus Putra, Edi Kuncoro, Rd. Irwansyah, dan Jefri ADP.

Proses kreatif yang dijalani Teater Tonggak tidak terpaku pada sebuah konsep. Tetapi juga melakukan eksplorasi dalam upaya pencarian bentuk-bentuk baru, sebagai suatu kebutuhan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas kesenian. Misalnya dengan penyelenggaraan Zikir Para Penyair.

"Program Zikir Para Penyair sudah terlaksana sejak 2003 di setiap Ramadhan dan dilaksanakan sebagai wahana kontemplasi spiritual yang terdedah dalam bentuk musikalisasi, pembacaan puisi hingga berbagi tali asih," tutur Hendry.

Zikir Para Penyair adalah cara Teater Tonggak bersilaturahmi dengan berbagai genre komunitas seni dan penggiat seni di Kota Jambi.

"Terima kasih atas dukungannya. Rekan-rekan yang hadir membacakan puisi, penceramah serta seluruh pendukung acara. Semoga menjadi amal ibadah bagi kita," ujar Ketua Pelaku Teater Indonesia Korda Provinsi Jambi ini.

Secara pribadi dan Sekretaris Teater Tonggak, Hendry mengucapkan terima kasih pada keluarga besar Teater Tonggak, Taman Budaya Jambi, PT Kliring Berjangka Indonesia, dan pihak-pihak yang mendukung.

Zikir Para Penyair yang berlangsung Sabtu, 16/4/2022), di Gedung Teater Arena, Taman Budaya Jambi, sebagai bagian penggalian potensi agar mendapat hasil yang maksimal.

"Teater Tonggak senantiasa memacu aktivitas dan kreativitas sebagai proses pembelajaran hidup dan kehidupan yang selaras, serasi dan manusiawi," ucapnya.

Tahun ini diambil tema “Seniman Bangkit dan Berbagi, Mengokohkan Persatuan Indonesia” karena ingin terus memupuk bahkan meningkatkan rasa peduli terhadap sesama.

Zikir Para Penyair juga dikemas dalam bentuk Musikalisasi Puisi, Pembacaan Puisi, Ceramah Agama oleh Ustadz Andi Rahmat Syam, di akhiri dengan Buka Puasa Bersama. Tampak hadir para seniman dari berbagai genre dan usia, juga Kepala Taman Budaya Jambi, Eri Argawan. | REL

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya