Terwujudkah Ambisi Messi Angkat Trofi Piala Dunia di Qatar

Terwujudkah Ambisi Messi Angkat Trofi Piala Dunia di Qatar

Reporter: BS | Editor: Mursyid Sonsang
Terwujudkah Ambisi Messi Angkat Trofi Piala Dunia di Qatar
Lionel Messi dan Maradonna || Foto : Ist

Oleh : Bambang Subagyo, Kepala Biro Infojambi Jakarta.

Selangkah lagi, Lionel Messi (35) bakal menutup karir dengan manis. Ya, bersama Tim Tango, pemain berjuluk La Pulga itu, kini menunggu pemenang Perancis versus Maroko untuk berlaga di final Piala Dunia 2022, di stadion Lusail, Qatar, pada Minggu (18/12/2022), jam 22.00 wib. Kesempatan emas untuk menjadi juara dunia dalam turnamen sepak bola terakbar se-jagad ini,  merupakan klimaks sekaligus menutup karir Messi yang tampil kalipertama di Piala Dunia 2006.

Ini adalah final kedua bagi pemain kelahiran Rosario, Argentina, 24 Juni 1987 dan bertinggi 169 cm, untuk meraih gelar juara dunia turnamen sepak bola sejagad 4 tahunan sekali. Impian Messi meraih trofi piala dunia gagal, saat Argentina ditaklukkan Jerman 0-1, pada final Piala Dunia 2014 lalu, melalui gol tunggal Mario Goetze. 

Kesempatan Messi, untuk mengangkat piala dunia kini terbuka lebar, usai menumbangkan Kroasia 3-0 di partai semifinal, di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) dinihari tadi. Messi sukses membuka kran gol Argentina melalui titik putih di menit 34, disusul gol kedua oleh Alvarez di menit ke-39 dan gol ketiga kembali dibukukan oleh Alvarez berkat assist Messi.

Baca Juga: MSBI Desak Tolak Konsorsiun Negara ASEAN (AFF) Gelar FIFA World Cup 2034

Kemenangan Argentina atas Kroasia ini merupakan revans saat Messi dkk ditaklukkan Kroasia dengan skor yang sama, pada piala dunia 2018 lalu di Rusia. Tiga gol Kroasia dicetak oleh Ante Rebic, Luka Modric, dan Ivan Rakitic berturut-turut di babak kedua. 

Empat laga sebelumnya, Argentina menang atas Kroasia 2-1, pada laga persahabatan 2014.  Pada laga persahabatan 1 Maret 2006, Kroasia sukses menekuk Argentina 3-2. Di Piala Dunia 1998, Argentina unggul atas Kroasia 1-0 dan skor imbang 0-0, dalam laga persahabatan Kroasia-Argentina pada tahun 1994. Total enam kali pertemuan, Argentina menang 3x, kalah 2x dan sekali imbang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Lanjut ke halaman berikutnya

Berita Terkait

Berita Lainnya