Tingkatkan Kesadaran Karyawan Pentingnya Anti Penyuapan, PetroChina Adakan Training SMAP ISO 37001

SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd mengadakan Training Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) bagi karyawannya, di BW Luxury Hotel, Kota Jambi, Rabu (29/5/2024).

Reporter: Rifky Rhomadoni | Editor: Doddi Irawan
Tingkatkan Kesadaran Karyawan Pentingnya Anti Penyuapan, PetroChina Adakan Training SMAP ISO 37001
SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd mengadakan Training Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), di BW Luxury Hotel, Kota Jambi, Rabu (29/5/2024) | rifky

INFOJAMBI.COM - SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd mengadakan Training Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Pelatihan bagi karyawan PetroChina Jabung ini diadakan di BW Luxury Hotel, Kota Jambi, Rabu (29/5/2024).

Pelatihan dibuka oleh Pengurus Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan (FKAP) PetroChina Jabung Field, Lasno. Dia menjelaskan bahwa PetroChina Jabung Ltd telah tersertifikasi ISO 37001: 2016 (Anti Bribery Management System ABMS), atau Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) sejak 2019, serta telah dievaluasi kembali dan diperpanjang hingga 2025.

Baca Juga: SKK Migas – PetroChina Raih CSR Award 2016

Sertifikasi ini merupakan wujud dan komitmen PetroChina Jabung terhadap tata kelola perusahaan yang baik dan sehat, serta merupakan langkah nyata untuk mencegah segala bentuk penyuapan dan kejahatan korporasi lainnya.

"Harapannya dengan kegiatan ini semua karyawan meningkatkan kembali, mendalami dan memahami segala sesuatu tentang tindakan anti korupsi, serta menelaah kembali bribery risk assessment untuk mengidentifikasi sedetail mungkin peluang yang dapat berpotensi terjadinya penyuapan, korupsi, gratifikasi dan sejenisnya," ujar Lasno.

Baca Juga: Wagub Harap Kerjasama dengan SKK Migas Semakin Baik

Training dilakukan dalam dua batch. Untuk batch pertama dilaksanakan pada 29 - 30 Mei 2024. Batch selanjutnya dilaksanakan pada 13 - 14 Juni 2024.

“Peserta akan menjalani dan mendalami pelatihan untuk penguatan atau evaluasi sistem SMAP yang sudah berjalan, mencapai kedewasaan sistem, membangun kesadaran dan keterlibatan personel, untuk pencegahan munculnya potensi penyuapan, korupsi, gratifikasi, dan sejenisnya," sebutnya.

Baca Juga: 500 Anak SD se-Tanjabtim Dapat Lagi Bantuan PetroChina

Dalam sertifikasi ISO : 37001 ada 4 prinsip Nos yang harus diterapkan, yakni No Bribery (menolak atau menghindari bentuk penyuapan maupun pemerasan), No Kickback (menolak atau menghindari komisi dan tanda terima kasih), No Gift (menolak atau menghindari pemberian hadiah atau gratifikasi yang dilarang) dan No Luxurious Hospitality (menolak atau menghindari penyambutan atau perjamuan yang berlebihan).

Karyawan PetroChina International Jabung Ltd mengikuti pelatihan.
Karyawan PetroChina International Jabung Ltd mengikuti pelatihan.

Bersambung ke halaman berikutnya

BERITA KAMI ADA DI GOOGLE NEWS | INSTALL APLIKASI INFOJAMBI.COM DI PLAYSTORE

Berita Terkait

Berita Lainnya