Ini Jadwal Liga 3 Jambi dan Piala Soeratin Cup

kompetisi amatir liga 3 putaran nasional direncanakan bakal digelar 19 November sampai 19 Desember 2022. Format kompetisi terdiri dari babak 64 Besar, 32 Besar, 16 Besar, Semi Final hingga Final.

Reporter: Rifky Rhomadoni | Editor: Doddi Irawan
Ini Jadwal Liga 3 Jambi dan Piala Soeratin Cup
Rapat komite wasit Asprov PSSI Jambi | foto : rifky

KOTAJAMBI, INFOJAMBI.COM - Sinyal kuat terkait agenda PSSI di tingkat Asprov hingga regulasinya sudah dijadwalkan dari PSSI pusat.

Dalam zoom meeting dengan PSSI Pusat, Kamis lalu, terkait kompetisi amatir liga 3 hingga usia muda PSSI, yakni Piala Soeratin U 17,15, dan 13.

Rentan waktu dilaksanakannya event tersebut dijadwalkan berlangsung akhir tahun ini. 

Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi menjelaskan, formulasi terbaik masing-masing Asprov untuk melaksanakan event PSSI sangatlah diharapkan. Untuk itu koordinasi berkesinambungan harus terus dilakukan. 

Berdasarkan edaran soal kompetisi amatir dan usia muda PSSI 2022, menindaklanjuti program PSSI sesuai hasil Kongres Biasa PSSI pada 30 Mei lalu, kompetisi amatir liga 3 putaran nasional direncanakan digelar 19 November sampai 19 Desember 2022.

Format kompetisi terdiri dari babak 64 Besar, 32 Besar, 16 Besar, semifinal hingga final. 

Direktur Kompetisi PSSI, Albinus Lauren menerangkan tentang regulasi klub peserta dan batas usia pemain untuk liga 3 di seluruh Asprov PSSI.

Usia pemain adalah 1 Januari 2000 sampai 31 Desember 2004, ditambah 5 pemain senior didaftar susunan pemain. Jumlah pemain yang didaftarkan maksimal 35 pemain, dan jumlah official 10 orang.

Desi Arfianto, Deputi Sepakbola PSSI menekankan mengenai lisensi asisten pelatih yang diwajibkan berlisensi C. Tahun ini merupakan semangat atau dorongan bagi seluruh pelatih di seluruh daerah di bawah naungan PSSI.

"Terkait lisensi asisten pelatih harus setara dengan lisensi kepala pelatih, yakni lisensi C AFC atau Asian Football Confederation," ujar Desi.

Menyikapi tenggang waktu dan regulasi yang sudah dirilis PSSI, Ketua Asprov PSSI Jambi, Muhammad Fadil Arief melalui Sekretaris Umum, Reza Hadinata menjelaskan, akan ada rapat di tingkat Eksekutif Komite (Exco) Asprov PSSI untuk menentukan jadwal pelaksanaan Liga 3 di Jambi. 

"Asprov PSSI Jambi segera mematangkan persiapan untuk pelaksanaan liga bergengsi itu. Tahapannya jelas, setelah rapat bersama Exco, akan digelar workshop penyampaian regulasi bagi seluruh klub peserta Liga 3, yakni anggota dan calon anggota Asprov PSSI Jambi," tegas Reza Hadinata, Sabtu (16/7/22). 

Sementara itu, Direktur Kompetisi Asprov PSSI Jambi, Rino Ricardo menerangkan, regulasi Liga 3 tahun ini telah dirampungkan di tingkat pusat. Itu wajib dijalankan oleh seluruh klub, anggota maupun calon anggota Asprov PSSI yang bakal berlaga di kompetisi Liga 3. 

"Seperti menyangkut usia maksimal pemain 21 tahun, hingga lisensi pelatih kepala dan asisten pelatih minimal lisensi C (AFC) atau Asian Football Confederation. Regulasi itu seluruhnya wajib diikuti, termasuk klub Piala Soeratin U-17," tegas Rino. 

Menaggapi edaran PSSI, Rino menjelaskan kompetisi amatir Liga 3 hingga Piala Soeratin U 17,15 dan 13 Asprov PSSI, dijadwalkan tenggang waktu Oktober hingga Desember mendatang. 

"Itu gambaran, dan tentu menunggu hasil rapat di tingkat exco," katanya.

Saat ini terdapat 24 anggota Asprov PSSI Jambi, dengan rincian 20 klub anggota, dan 4 klub calon anggota yang berkesempatan berlaga di kompetisi Liga 3 tahun 2022. 

"Asprop PSSI berharap seluruh klub ikut dalam kompetisi Liga 3 tahun ini," kata Rino. ***

Baca Juga: Ini Dia Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya