Mengunjungi Kampung Lamno, Aceh, Penduduknya Berkulit Putih Bermata Biru

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Melayu Serumpun se-Sumatera 2022, yang tinggal di Posko Gle Jong, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam

Reporter: Ditha Putri Amanda | Editor: Doddi Irawan
Mengunjungi Kampung Lamno, Aceh, Penduduknya Berkulit Putih Bermata Biru
Bersama warga Kampung Lamno, Aceh, kebanyakan keturunan Portugis | foto : ditha putri amanda

ACEHJAYA, INFOJAMBI.COM - Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Melayu Serumpun se-Sumatera 2022, yang tinggal di Posko Gle Jong, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam, mengunjungi gadis keturunan Portugis, di Desa Lamno, Jumat, 8/7/2022.

Lamno merupakan kampung yang penduduknya terkenal dengan ciri fisik amat mirip dengan orang Eropa. Paras mereka sangat berbeda dengan warga Aceh kebanyakan.

Lamno terletak di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh.

Kisahnya, dulu banyak orang Portugis yang berdagang di Aceh. Mereka lalu menikahi penduduk setempat hingga melahirkan anak hingga bercucu. Penduduknya memiliki mata biru nan indah.

Sebelum terjadi bencana tsunami, 2004 silam, warga Aceh keturunan Portugis sangat mudah ditemukan di Desa Lamno ini.

Pasca tsunami, tiap desa di Kabupaten Aceh Jaya ini hanya memiliki satu keluarga generasi mata biru. Yang tersisa pun tidak tahu tentang riwayat nenek moyangnya.

Diantaranya dua gadis cantik bernama Rauzatul Jannah dan Nurul Qomariah. Dua remaja yang beranjak dewasa ini memiliki ciri sangat mirip dengan orang Eropa, mulai dari kulit yang putih berbintik merah, bulu mata, hingga alis pirang dan mata cantik yang menjadi ciri khas bangsa Portugis.

"Aku tidak tahu apakah keturunan keluargaku ada orang Portugis. Cuma memang aku dan adikku berbeda seperti ini. Orang bilang nenek moyang kami keturunan Portugis," ujar Rauzatul Jannah.

Peserta KKN Melayu Serumpun se-Sumatera 2022 berasal dari Jambi, Medan, Riau, Bengkulu, Sumatera Barat, dan Aceh. Mereka sangat senang bisa bertemu dengan keturunan Portugis atau lebih dikenal dengan warga si mata biru.

"Menjadi sebuah kehormatan, kami bisa melihat kenal dengan warga keturunan Portugis di sini. Kami sangat senang bisa melihat langsung, biasanya cuma bisa lihat di media sosial saja," ujar Naning Triana, peserta KKN Melayu Serumpun dari UIN Suska, Riau. ***

Baca Juga: Air Asia Yang Buat Putus Asa......

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait

Berita Lainnya