SKK Migas - PetroChina Sosialisasikan Komitmen Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001

Sistem manajemen anti suap ini memberi panduan kepada manajemen untuk mengeliminasi setiap tindakan yang mengarah pada bentuk-bentuk penyuapan, secara keuangan maupun non keuangan.

Reporter: SWD | Editor: Admin
SKK Migas - PetroChina Sosialisasikan Komitmen Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001
PetroChina menyosialisasikan komitmen Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001, di Kuala Tungkal, Selasa 29 Agustus 2023 | SWD

KUALATUNGKAL, INFOJAMBI.COM - Dalam forum seminar Pendidikan Nasional dan Expo Pendidikan, perusahaan hulu minyak dan gas SKK Migas - PetroChina International Jabung Limited juga berkesempatan menjadi pemateri sosialisasi. 

Acara dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjungjabung Barat, bertema sinergitas dan percepatan untuk peningkatan kemampuan literasi dan numerasi antara filantropi, dunia usaha dan Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Baca Juga: SKK Migas Gelar Sosialisasi dan Media Kompetisi 2016

Pada kegiatan ini PetroChina juga menyosialisasikan komitmen Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001. Sistem manajemen anti suap ini memberi panduan kepada manajemen untuk mengeliminasi setiap tindakan yang mengarah pada bentuk-bentuk penyuapan, secara keuangan maupun non keuangan. 

SMAP ISO 37001:2016 terdiri dari enam prinsip dasar, terdiri dari komitmen manajemen puncak, identifikasi dan analisis resiko penyuapan, uji kelayakan (due diligence), informasi terdokumentasi yang memadai, komunikasi, serta monitoring dan evaluasi.

Baca Juga: SKK Migas – PetroChina Raih CSR Award 2016

M Yuda Ramdani, staf Community Development PetroChina International Jabung Ltd yang menjadi pemateri menyebutkan, PetroChina secara tegas melarang segala bentuk praktik penyuapan (zero tolerance). 

Sanksi hukum dengan tegas akan diberikan langsung kepada pihak yang terkait, bila terbukti melakukan segala bentuk praktik penyuapan.

Baca Juga: Wagub Harap Kerjasama dengan SKK Migas Semakin Baik

"PetroChina telah tersertifikasi ISO 37001 : 2016 (Anti Bribery Management System) yang diterima pada 25 Februari 2020 sebagai KKKS di bidang migas. PetroChina akan patuh dan menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan," ujar Yuda, Selasa, 29 Agustus 2023.

Yuda menyebutkan, ini merupakan komitmen terhadap tata kelola perusahaan yang baik dan sehat. Sertifikat ISO 37001 merupakan langkah nyata perusahaan dalam mencegah penyuapan dan kejahatan korporasi lainnya.

"Sertifikasi ini berlaku terhitung dari 2020 hingga 2022, dan telah diperpanjang hingga 2024 yang ditinjau dan diaudit setiap tahun. Kebijakan ini berlaku untuk manajemen, pegawai, tenaga alih daya yang bekerja di PetroChina, termasuk suami dan istri serta keluarganya,” tegas Yuda.

Sosialisasi dihadiri Government and Relations Superintendent Saipul, Government and Relations Advisor Ahmad Ramadhan, Kepala Bappeda Tanjungjabung Barat Dr Katamso, Dinas Pendidikan Tanjungjabung Barat, Tanoto Foundation, PT Narindo Solution Telekomunikasi, serta para kepala sekolah dan guru. ***

BERITA KAMI ADA DI GOOGLE NEWS | INSTALL APLIKASI INFOJAMBI.COM DI PLAYSTORE

Berita Terkait

Berita Lainnya